Rokan Hilir Dengan Konsep Mina Politan

id rokan hilir, dengan konsep, mina politan

Rokan Hilir, 29/6 (ANTARA) - Menteri Perikanan dan Kelautan H Fadel Muhammad merencanakan pembangunan konsep minapolitan di Kabupaten Rokan Hilir, Riau, guna mengembalikan kejayaan yang mulai hilang.

Rencana tersebut dimunculkan Fadel setelah melihat langsung prospek serta potensi perikanan dan kelautan yang menjanjikan saat menghadiri acara ritual bakar tongkang di Bagansiapiapi, Senin (28/6).

"Sesuai perbincangan dengan gubernur dan bupati, kedatangan saya disini adalah untuk mengembalikan kejayaan Rokan Hilir di sektor perikanan seperti masa lalu," kata Fadel kepada ANTARA ketika ditemui di kediaman Bupati Rokan Hilir, Annas Ma'amun, Senin (28/6).

Fadel mengataka, untuk membangun konsep Minapolitan di Rokan Hilir khususnya di Bagansiapiapi ada tiga faktor yang harus diperhatikan. Pertama melakukan pemetaan dan studi untuk melihat potensi yang ada di Bagansiapiapi. Kemudian akan dicarikan komunitas serta lokasi pertambakan ikan.

"Selanjutnya melakukan kajian interaksi masyarakat mengingat ada dua pelabuhan besar di sini," jelasnya.

Saat ditanya mengenai antisipasi masuknya kapal nelayan asing, Fadel mengatakan, persolan itu memang menjadi masalah terbesar bagi pemerintah pusat. Dimana para nelayan asing menurutnya sering melakukan pencurian ikan (illegal fishing) dikarenakan banyaknya potensi ikan di perairan Indonesia khususnya di Rokan Hilir.

"Saya lihat data dari satelit, Bagansiapiapi memiliki potensi penghasil ikan terbesar namun kesulitan mengantispasi masuknya nelayan asing dikarenakan kita tidak memiliki kapal besar. Karena itu Presiden membuat kebijakan baru pengadaan struktur armada baru sebanyak 60 kapal dan Riau kebagian 3 kapal, salah satunya di Bagansiapiapi," bebernya.

Ke depan, kata Fadel, juga akan ada kerjasama dengan negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia dengan tujuan hasil yang dicapai berguna untuk rakyat.

"Daripada kita tiap pekan menangkapi kapal nelayan mereka lebih kita kerjasama saja untuk kepentingan rakyat," paparnya.

Menanggapi pernyataan dan rencana yang disampaikan Fadel, Bupati Rokan Hilir, Annas Ma,amun yang ditemui pada kesempatan sama berharap agar rencana tersebut segera berjalan.

Menurutnya, potensi tersebut sudah sejak lama diliriknya karena diyakini dapat lebih mensejahterakan masyarakat khususnya yang berada di Kabupaten Rokan Hilir.

"Semua rencana ini sangat baik untuk meningkatkan perekonomian rakyat khususnya masyarakat di Bagansiapiapi dan sejumlah daerah Rokan Hilir lainnya. Jika berjalan, saya yakin akan dapat mendongkrakl perekonomian dan pembangunan disini," ringkas Annas mengakhiri.