Sekolah Swasta Di Pekanbaru Mulai Di Lirik

id sekolah swasta, di pekanbaru, mulai di lirik

Pekanbaru, 1/7(ANTARA)- Sekolah swasta yang ada di Pekanbaru mulai dilirik sebagian siswa yang ingin melanjutkan pendidikan karena persaingan ketat masuk sekolah negeri yang mempunyai daya tampung terbatas.

Jefri, salah seorang siswa lulusan SMP di Pekanbaru, Kamis, mengatakan, semula dirinya mendaftarkan diri ke SMAN 1 namun karena nilai ujian akhir masih dibawah standar masuk sekolah itu akhirnya dia mendaftar ke SMA Muhammadyah Pekanbaru.

Di SMAN 1 Pekanbaru itu ranking terendah pada hari keempat atau hari terakhir penerimaan mencapai 9.00, begitu juga di sekolah negeri lainnya di Pekanbaru yang rata-rata diterima mempunyai nilai 7.00.

"Dari awal saya memang lebih memilih sekolah swasta. Saya sadar diri juga, nilai saya tidak mencukupi," ujarnya.

Kepala Sekolah SMA Muhammadyah Pekanbaru, Saadanur mengatakan pihaknya sudah melakukan penerimaan sejak Selasa (28/6) lalu dan hingga hari ketiga penerimaan terdapat sekitar 200 siswa yang mendaftarkan diri.

"Mayoritas berasal dari Pekanbaru dan lainnya dari luar Pekanbaru," ujarnya.

Untuk tahun ini, pihaknya mempunyai kuota untuk 320 siswa. Ia optimistis target itu tercapai sebelum tahun ajaran baru dimulai pada 12 Juli mendatang.

"Tahun lalu saja, terdapat sekitar 200 anak yang kita tolak. Hal ini dikarenakan kuotanya sudah cukup," tukasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Yuzamri Yakub, mengatakan kualitas sekolah negeri dan swasta sebenarnya tidak ada bedanya, karena banyak sekolah swasta di Pekanbaru yang mempunyai prestasi membanggakan.

"Contohnya saja SMA Muhammadyah itu, banyak siswanya yang berprestasi. Seperti mengikuti kontes robot maupun juara olimpiade," jelasnya.

Untuk itu, ia mengharapkan agar siswa jangan minder untuk bersekolah di swasta jika tidak diterima di sekolah negeri.