Pemko Dumai Anggarkan RP390 Juta Untu Seni Relief

id pemko dumai, anggarkan rp390, juta untu, seni relief

Dumai, 2/7 (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai, Riau, pada Tahun Anggaran 2010 kembali menganggarkan dana sebanyak Rp390 juta untuk kegiatan seni relief nama dan gambar patung yang sarat menceritakan tentang sejarah kelahiran kota Dumai.

"Bangunan tugu Dumai yang terletak di alun-alun kota Dumai ini direncanakan akan menjadi simbol kota Dumai dan objek wisata rekreasi bagi warga kota," kata Kepala Bidang Pertamanan dan Tata Kota Dinas Tata Kota dan Pertamanan Kota Dumai H Yulizar di Dumai, Jumat.

Pelaksanaan kegiatan seni relief sejarah tersebut dikatakan Yulizar akan dilaksanakan secara bertahap dengan melihat dukungan anggaran yang ada hingga pada tahun anggaran 2012 mendatang.

"Untuk pelaksanaan pekerjaan proyek pembuatan relief ini akan dilakukan CV Ruban yang menjadi pemenang tender. Ditargetkan pekerjaan ini akan selesai selama 90 hari, diperkirakan pada bulan September 2010," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, untuk pekerjaan kegiatan pembuatan taman dan air mancur atau taman rekreasi kota yang juga telah ditenderkan, akan dikerjakan oleh PT Bramindo yang berkedudukan di Kota Pekanbaru dengan 120 hari kerja dan diperkirakan akan selesai pada Oktober.

Rencana pembangunan tugu Dumai sebagai "icon" nya kota Dumai ini awalnya berdasarkan usulan dari kalangan eksekutif periode 2004-2009 yang berkoordinasi dengan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Dumai bersama Lembaga Kerukunan Keluarga Masyarakat Dumai (LKKMD) yang menginginkan satu kawasan di pusat kota Dumai menjadi alun-alun kota.

Disisi pertamanannya, pemkot juga menggangarkan dana Rp1,7 miliar untuk pembangunan taman rekreasi yang dilengkapi air mancur.

Pada rencana relief ini, Wali Kota Dumai, Zulkifli AS merencanakan gambar pahlawan serta sebuah cerita tentang sejarah kota Dumai yang akan dipadukan dengan filosofi budaya adat istiadat Melayu yang sesuai dengan visi misi Pemkot Dumai sejak lama.