Abrasi Ancam Desa Di Indragiri Hilir

id abrasi ancam, desa di, indragiri hilir

Tembilahan, 3/7(ANTARA) - Abrasi mengancam sejumlah desa di Indragiri Hilir, di antaranya Desa Bela di Kecamatan Kuala Indragiri.

"Abrasi di desa itu menyebabkan dua rumah hanyut terbawa arus sungai pada Selasa (29/6) lalu," kata Kepala Desa Sungai Bela, Hasanuddin, di Tembilahan, Sabtu.

Menurut dia, abrasi itu juga mengancam mata pencaharian warga yang mayoritas sebagai petani kelapa.

"Abrasi yang terjadi tidak hanya menyebabkan kami khawatir akan rumah kami tetapi juga menyebabkan mata pencaharian akan hilang, karena kebun kami juga terseret arus sungai," katanya.

Di Desa Bela, tepatnya di kawasan RT 2 merupakan daerah rawan akan abrasi, karena itu ia mengimbau warganya untuk berhati-hati dan segera pindah rumah dari daerah tersebut.

"Tapi, hingga saat ini masih terdapat sekitar 10 rumah di daerah tersebut. Memang mulai berkurang dari sebelumnya yang berjumlah 20 unit rumah, tapi mereka masih beralasan ada kebun kelapa," katanya.

Kerusakan kebun warga menyebabkan panen kelapa jauh merosot. Dari penghasilan kebun sebanyak enam ton untuk sekali panen, saat ini paling hanya menghasilkan satu ton dalam sekali panen.