Haji - Calon Haji Pekanbaru Jalani Pemeriksaan Kesehatan

id haji -, calon haji, pekanbaru jalani, pemeriksaan kesehatan

Pekanbaru, 21/9(ANTARA)- Calon haji asal Pekanbaru sejak Senin (20/9) kemarin, mulai menjalani pemeriksaan kesehatan yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru.

"Calon haji yang menjalani pemeriksaan kesehatan dikelompokkan berdasarkan puskesmas tempat pemeriksaan awal. Contohnya kemarin, pihak Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap calon haji yang berasal dari Bukit Raya," ujar Kepala Bidang Penanggulangan Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Pekanbaru, Drg Sri Darmawati di Pekanbaru, Selasa.

Ia menjelaskan pemeriksaan kesehatan terhadap 1.121 calon haji asal Pekanbaru dilakukan selama sembilan hari. Dan setiap hari, lanjutnya, terdapat sekitar 200 calon haji yang melakukan pemeriksaan kesehatan.

Sri menjelaskan terdapat tujuh loket yang harus dilalui oleh calon haji yakni pendaftaran, pemeriksaan laboratorium, pengukuran berat badan dan tinggi badan, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksa kesehatan oleh dokter, penyuntikan imunisasi meninghitis dan influenza dan ruang observasi.

"Dalam pemeriksaan ini, pihak Dinas Kesehatan menurunkan 59 petugas kesehatan. Tiga diantaranya dokter yang melakukan pemeriksaan terhadap kondisi calon haji," kata dia.

Dikatakan dia, tidak ada kendala selama pemeriksaan kesehatan ini. Begitu juga antri yang ditakutkan pada awal dimulainya pemeriksaan kesehatan tidak terjadi.

"Untuk suntik meninghitis, Dinas Kesehatan menyiapkan 1.096 vial. Jumlah ini memang lebih sedikit dibandingkan calon haji, tetapi tidak masalah dikarenakan Dinas Kesehatan akan menjemputnya di Dinas Kesehatan Provinsi," tukas dia.

Hingga saat ini, lanjutnya, belum ada ditemukan calon haji yang mengalami penyakit menular maupun hamil sehingga menyebabkan penundaan keberangkatan. Ia menambahkan jika calon haji hamil pada usia kandungan 14 hingga 26 minggu diperbolehkan untuk berangkat. Lebih dari usia tersebut, keberangkatan calon haji tersebut ditunda.

Salah seorang calon haji, Poritas, mengatakan dirinya dan suaminya Bahir bersemangat menjalani pemeriksaan kesehatan ini. Ia menambahkan tak ada kendala selama pemeriksaan kesehatan tersebut.