Bulog Riau Lakukan OP Beras Dengan Mobil

id bulog riau, lakukan op, beras dengan mobil

Pekanbaru, 29/12 (ANTARA) - Badan Urusan Logistik (Bulog) Riau mengatakan, selain melakukan Operasi Pasar Murni (OPM) melalui mitra juga melakukan OP beras dengan mobil operasional Bulog, kali ini Bulog mengerahkan 4 satuan tugas (satgas).

"Kami sudah mulai OPM dengan mengandalkan satgas hari ini ke pasar-pasar tradisional di Pekanbaru," ungkap Kepala Bulog Divisi Regional Riau Drs.Achmad Arif, MSc, Rabu, di Pekanbaru.

Ia menjelaskan, dikerahkannya satgas ini untuk memperluas OPM yang telah dimulai pada Jum'at lalu. Selain itu, OP satgas ini diharapkan akan dapat menjangkau masyarakat yang berdomisi di pinggiran kota dan jauh dari pasar.

"Satgas ini nantinya akan patroli ke pasar-pasar tradisional di Pekanbaru, masuk kampung dan pemukiman yang memang belum tersentuh OP beras," terangnya.

Ia menerangkan dalam OP satgas ini Bulog juga menyertakan para petugas Bulog yang akan langsung melayani pembelian beras ke masyarakat. Petugas ini sebelumnya sudah mempersiapkan beras OP dalam kantongan isi 5 kilogram sehingga memudahkan jika ada antrian.

"Kami akan melayani pembelian untuk satu orang satu kantong yang berisi 5 kilogram beras, jika animo masyarakat cukup tinggi terhadap OP satgas ini. Akan tetapi jika penjualan sepi, animo berkurang maka kemungkinan kami akan melayani lebih," jelasnya.

Terkait harga jual tidak berbeda dengan harga jual beras OP yang dilakukan oleh mitra Bulog di pasar yakni Rp6.300 perkilogram.

Menurutnya, dalam sekali jalan mobil satgas bulog akan mampu mengangkut beras OP sebanyak 5 ton. Jika ada empat mobil satgas yang bergerak perharinya maka ada 20 ton beras yang akan di gelontorkan dalam OP satgas sehari.

"Jumlah OP perharinya bisa lebih dari 20 ton, karena untuk mobil satgas saja nilainya sudah sebanyak itu, ditambah lagi dengan menggunakan mitra pedagang di setiap pasar," tegasnya ketika ditanyai berapa jumlah OP perhari.

Ia menambahkan, OP satgas ini akan terus dikembangkan selain juga OP dengan mitra di pasar-pasar tradisional yang ada di Pekanbaru seperti pasar Cikpuan, pasar Senapelan, pasar Rumbai, pasar Dupa, Pasar Pagi Arengka dan sebagainya.