Kolonel Penerbang Bowo Budiarto Jabat Danlanud Pekanbaru

id kolonel penerbang, bowo budiarto, jabat danlanud pekanbaru

Pekanbaru, 16/4 (ANTARA) - Kolonel (Pnb) Bowo Santoso menjabat sebagai Komandan Pangkalan Udara TNI AU Pekanbaru menggantikan Kolonel (Pnb) Nanang Santoso menjadi perwira menengah di Komando Operasi TNI AU I, mengikuti Sekolah Komando TNI 2011.

Upacara serah terima jabatan kedua kolonel itu dipimpin langsung Panglima Komando Operasi TNI AU I, Marsekal Muda TNI Dede Rusamsi, di Lanud Pekanbaru, Sabtu, dihadiri unsur musyawarah pimpinan daerah Provinsi Riau dan kalangan dunia usaha.

Dalam sambutannya Dede mengatakan, pergantian kedua perwira menengah itu merupakan hal yang biasa, dan dilakukan secara teratur di tubuh organisasi TNI AU sebagai bentuk penyegaran atau promosi jabatan.

Lapangan Udara Pekanbaru yang dilengkapi dengan satu skuadron pesawat tempur dan langsung di bawah Komando Operasi TNI AU I, memiliki peran penting dalam pengawasan wilayah nusantara di bagian barat Indonesia.

Letak geografis yang strategis dinilai memiliki peranan penting baik dari aspek ekonomi, atau pun pertahanan udara dalam melakukan pengamanan wilayah perbatasan yang rawan terjadi pelanggaran wilayah dan merugikan masing-masing pihak.

Meski memiliki keterbatasan anggaran yang berdampak pada operasi dan latihan serta alat utama sistem senjata (alusista) yang digunakan, namun diharapkan mampu maksimal dalam menjalankan tugas dan fungsi.

"Dengan keterbatasan yang ada, tetapi Lanud Pekanbaru diharapkan bisa melaksanakan berbagai kegiatan sesuai aturan. Merawat pesawat tempur dengan baik, agar kondisi siap operasi bisa digunakan kapan saja," tegasnya.

Kolonel (Pnb) Bowo Budiarto, usai serah terima jabatan mengaku siap melanjutkan berbagai program dan berbagai tugas dari pejabat sebelumnya dalam menjaga dari berbagai potensi ancaman lewat pertahanan udara.

"Apa yang telah dilakukan Pak Nanang selama memimpin Lanud Pekanbaru patut saya tiru, apalagi itu sudah menjadi tugas pokok saya," katanya singkat.

Bowo merupakan kelahiran Semarang, Jawa Tengah, 16 Januari 1965 sebelumnya menjabat sebagai Asisten Personalia Komando Sektor Pertahanan Udara I Nasional yang bermarkas di Medan, Sumatera Utara.

Lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1989 itu juga pernah menjabat sebagai Komandan Skuadron Udara 12 Lanud Pekanbaru tahun 2004 dan Kepala Dinas Operasi Lanud Pekanbaru tahun 2006.