Riau Siap Gelar Hari Nusantara Nasional

Pekanbaru (ANTARAriau News) - Gubernur Riau, Rusli Zainal menyatakan, pihaknya telah siap menggelar sejumlah iven berskala nasional bahkan internasional tahun ini, termasuk Hari Nusantara, 13 Desember 2011.

Ia menyatakan itu, ketika menerima kunjungan kru LKBN ANTARA Biro Riau, di Pekanbaru, Selasa (13/9) malam lalu, terkait pelaksanaan serah terima jabatan Kepala Biro LKBN ANTARA Riau, dari Evi Ratnawati kepada M Jeffrey Rawis.

Rusli Zainal juga memaparkan mengenai posisi strategis Provinsi Riau di Selat Malaka selaku alur perniagaan global teramak di dunia, yang menjadikan daerah ini sebagai pusat penyelenggaraan Hari Nusantara 2011.
   
"Sejumlah kementerian nasional dan institusi juga terlibat pada Hari Nusantara tersebut. Di antaranya, Kementerian Pertahanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan, Mabes TNI, Mabes TNI Angkatan Laut, dan masih beberapa lagi," ujarnya.

Selain hari Nusantara, beberapa iven nasional dan internasional yang juga sedang disiapkan, ialah, Popnas serta Forum Kerjasama Selatan-Selatan ('Sout-South').

'Jika Popnas melibatkan perutusan dari 33 provinsi se-Indonesia, 'South-South bakal dihadiri delegasi 43 negara, dengan penyelenggaraan bersama ditangani Pemprov Riau, Unesco, LIPI serta pihak swasta," pungkas Rusli Zainal.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Provinsi Riau juga pada September 2012 mendatang menjadi penyelenggara atau turan rumah ajang sport multi iven, yakni Pekan Olahraga Nasional (PON). (*)