Alat Terapi Kanker RSUD Pekanbaru Belum Berfungsi

id alat terapi, kanker rsud, pekanbaru belum berfungsi

Pekanbaru, (ANTARAriau News) - Alat terapi bagi para penderita kanker atau radiotherapy milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru, Provinsi Riau, saat ini belum dapat berfungsi karena mengalami kerusakan.

Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, dr Dyah Siswanti di Pekanbaru, Jumat mengatakan, sejauh ini alat radiotherapy masih dalam tahap administrasi untuk kemudian diperbaiki dan di fungsikan kembali.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat radiotherapy ini sudah akan kembali berfungsi dan bermanfaat bagi pasien penderita kanker yang menjalani perawatan di RSUD Arifin Achmad," ujarnya.

Atas kondisi ini, kata Dyah, diharapkan pasien-pasien penderita kanker di RSUD Arifin Achmad dapat mengerti dan bersabar.

"Kami juga menganjurkan agar pasien-pasien penderita kanker sementara waktu dapat melakukan perawatan intensif dan mengkonsumsi obat-obatan yang tersedia," katanya.

Radiotherapy menurut Dyah sudah mengalami kerusakan sejak lama dan tak lagi berfungsi sejak beberapa pekan terakhir.

"Akibatnya, banyak pasien yang tengah menjalani perawatan dengan alat ini harus menunggu perbaikannya karena di Provinsi Riau hanya ada satu di RSUD Arifin Achmad," katanya.

Sejumlah pasien penderita kanker baik yang tengah menjalani rawat inap di RSUD Arifin Achmad maupun yang tengah menjalani rawat jalan mengeluhkan rusaknya alat radiotherapy milik RSUD Arifin Achmad.

"Kalau bisa secepatnya alat itu diperbaiki karena sangat penting untuk terapi bagi kami-kami yang menderita kanker," kata seorang pasien kanker di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, Farhandani.

Farhan menguraikan, dirinya telah dua kali menjalani terapi dengan menggunakan alat radiotherapy di RSUD Arifin Achmad.

"Kondisi saya juga berangsur baik namun harus tetap melakukan operasi," ujarnya.