Harga Beras Di Pekanbaru Naik

id harga beras, di pekanbaru naik

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Harga kebutuhan pokok jenis beras di Kota Pekanbaru, Riau, naik sejak seminggu terakhir karena sebagian besar harga beras yang didatangkan dari Pulau Jawa juga mengalami kenaikan.

Sebelumnya harga beras meedium di sejumlah pasar di Pekanbaru tercatat Rp8.000 perkilogram, namun Senin pagi, para pedagang sudah menaikkan harga menjadi Rp9.500 hingga Rp10.000 perkilogram.

"Minggu lalu, jenis beras medium kami jual dengan harga eceran Rp8.000 perkilogram, tapi dalam ini harga mulai meningkat hingga Rp9.500 lebih," kata ucap Aris, salah seorang pedagang beras di pasar Tradisional Cikpuan Pekanbaru.

Menurut Aris, penyebab naiknya harga beras di Pekanbaru ini akibat cuaca yang dialami Kota Pekanbaru, karena akhir-akhir ini Kota Pekanbaru dilanda hujan dan cuaca yang tidak bagus.

"Masyarakat yang mrmpunyai gabah tidak bisa menjemur gabahnya, jadi mereka terpaksa membeli beras," ujar Aris.

Selain itu, menurut Aris, iklim kemarau yang melanda Pulau Jawa juga menjadi penyebab melambungnya harga beras di Pekanbaru ini, karena pemasok beras yang paling besar ke Pekanbaru itu dari Pulau Jawa.

"Sementara, di Pulau Jawa sekarang banyak petani yang terancam gagal panen akibat kemarau panjang, sehingga menyebabkan melambungnya harga beras di Pekanbaru," tuturnya.

Dia juga menambahkan, permainan agen dalam hal ini juga bisa diprediksi menjadi penyebab melonjaknya harga kebutuhan pokok ini.

Meskipun harga beras melambung, namun tidak diikuti jenis kebutuhan pokok yang lain, seperti harga minyak goreng di Pekanbaru masih normal dikisaran harga Rp10.000 selanjutnya telur masih dijual Rp1.000 perbutir, dan kacang tanah dijual Rp16.000 perkilogramnya.

Para pedagang beras tradisional di Pekanbaru memprediksi harga kebutuhan pokok jenis beras ini akan terus mengalami kenaikan.

"Biasanya kalau harganya naik tidak akan bisa turun lagi, paling turunnya cuma sedikit, seumpama naik Rp1.500 namun kalau turun paling cuma Rp500," ungkap Aris.