Lomba Renang POPNAS Dibatalkan

id lomba renang, popnas dibatalkan

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Lomba cabang renang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Riau, Senin, akhirnya dibatalkan menyusul tuan rumah Riau bersikeras menurunkan dua perenang pelatnas SEA Games.

Lomba yang berlangsung di Aquatic Center Rumbai, Pekanbaru, sebenarnya sudah dimulai Sabtu (1/10). Namun perlombaan akhirnya dibatalkan setelah tuan rumah Riau bersikeras menurunkan dua perenang pelatnas SEA Games.

Kemudian lomba dihentikan setelah terjadi protes daerah peserta mengenai penggunaan dua atlet pelatnas SEA Games, I Gde Siman Sudartawa dan Denis Tiwa oleh kontingen Riau.

Dalam pertemuan Minggu (2/10) yang dihadiri perwakilan daerah peserta, Riau tetap bersikukuh menurukan Gde Siman dan Denis Tiwa dan menolak menarik kedua perenang pelatnas SEA Games tersebut.

Delegasi lain menolak sehingga perlombaan terpaksa dibatalkan karena tidak memenuhi syarat setelah hanya diikuti oleh satu daerah peserta (Riau).

"Kami semua hanya konsisten dengan kesepakatan awal untuk tidak menggunakan atlet pelatnas dalam ajang sekelas Popnas ini," kata ketua delegasi renang DKI, Eko Purwandari yang ikut dalam pertemuan.

Para atlet renang yang tergabung dalam pelatnas SEA Games dijadwalkan akan ikut dalam lomba renang AASF di kolam renang Gelora Bung Karno, Senayan, pekan depan.

"Apalagi saat itu kan alasannya buat kepentingan nasional yaitu SEA Games." ucapnya.

Insiden ini tentunya menjadi pelajaran yang buruk buat para pelajar yang sebagian besar harus meninggalkan sekolah untuk membela daerah mereka masing-masing.