Riau Tambah Emas Angkat Besi

id riau tambah, emas angkat besi

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Kontingen Riau menambah dua medali emas dan satu perak pada hari terakhir pertandingan cabang olahraga angkat besi dan angkat berat pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional XI di Kota Pekanbaru, Riau, Senin (3/10).

Dengan tambahan dua medali emas ini, angkat besi mengalami peningkatan dibanding tahun lalu dengan menyumbangkan 3 medali emas dan 4 medali Perak.

Tambahan dua medali emas Riau ini diraih oleh lifter putra Cenes Surya Perdana dan lifter Putri Maharani. Cenes yang turun di kelas 94 plus angkat besi berhasil mengangkat beban seberat 250 kg hanya terpaut 5 kg dari rekannya sendiri Andro Imanuel dengan angkatan 245 kg.

Medali perunggu diraih lifter Kalbar Syarif Alwi dengan angkatan 205 kg. Untuk kelas 94 kg medali emas diraih lifter dari DKI, perak diraih Sumut dan perunggu oleh Bali.

Lifter putri Angkat Besi Putri Maharani yang turun di kelas 69 kg berhasil mengangkat beban 190 kg dan untuk medali perak diraih oleh lifter Jawa Barat Murni Simin dengan total angkatan 171 kg dan medali perunggu diraih atlet Jateng Yulia Khusnul dengan angkatan 166 kg.

Untuk kelas 69 kg Plus lifter Lampung Novita Sherli menambah medali bagi kontingennya dengan berhasil mengangkat beban 198 kg, perak dirah Jambi dan perungu oleh Provinsi Aceh.

Usai pelaksanaan 4 pertandingan final cabang angkat besi langsung diadakan penyerahan medali dan upacara penutupan.

Acara penutupan dihadiri Ketua Harian PABBSI Riau Sanusi Anwar yang juga menjabat sebagai ketua pertandingan Popnas XI.

Hasil pertandingan terakhir berhasil membuat posisi Riau di cabang olahraga angkat besi terdongkrak ke peringkat dua, satu tingkat di bawah Lampung yang sukses menggondol 6 medali emas.

"Syukur Alhamdulillah angkat besi dan angkat berat selesai dilaksanakan dan berjalan lancar, dan juara umum diraih Provinsi Lampung, dengan enam emas dan dua perak, sedangkan kami sebagai tuan rumah berada di posisi kedua dengan tiga emas dan empat perak, posisi ketiga diraih Gorontalo dengan tiga emas dan tiga perunggu, kami salut dengan prestasi atlet Riau," kata Gubernur Sanusi.