Banyak Testosteron Menghindari Stroke

id banyak testosteron, menghindari stroke

Jakarta (ANTARARiau News) - Hormon Testosteron dikenal berperan penting terhadap kesehatan seksual pria. Hormon ini muncul karena ada manfaatnya. Pria yang memiliki kadar testosteron tinggi akan terhindar dari sebuah serangan jantung atau stroke pada usia renta ketimbang mereka yang memiliki sedikit hormon itu.

Temuan terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Teh American College of Cardiology. Setelah meneliti 2.400 orang pria Swedia yang berusia 70-80 tahun ditemukan bahwa pria dengan kadar testosteron yang tinggi mengalami sedikitnya serangan jantung atau stroke selama beberapa tahun ketimbang pria dengan kadar hormon yang rendah.

Pimpinan penelitian itu, Ana Tivesten, dari Sahlgrenska University of Goteborg, Swedia mengatakan, "Pria yang lebih tua dengan kadar testosteron tinggi secara relatif terlindungi dan terhindar dari kejadian kardiovaskular. Sebaliknya, kadar testoterone yang rendah merupakan sebuah pertanda meningkatnya resiko kardiovaskular, seperti dikutip dari female first.

Temuan ini tak sepenuhnya menyimpulkan bahwa kadar hormon merupakan satu-satunya hal yang dapat mencegah serangan stroke.

Berdasarkan keterangan para peneliti, kebiasaan merokok dapat menurunkan kadar testosteron.