Riau terbanyak titik api Sumatera

id riau terbanyak, titik api sumatera

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Sejak satu pekan terakhir, titik api atau 'hotspot' kembali banyak bermunculan di sejumlah wilayah di Pulau Sumatra, dengan Provinsi Riau memiliki titik terbanyak.

Analis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BKMG) Stasiun Pekanbaru, Marzuki, kepada ANTARA di Pekanbaru, Selasa, mengungkapkan, di seluruh daratan Sumatra terdapat 102 titik api, tersebar di beberapa wilayah provinsi.

"Berdasar data terbaru, sebaran terbanyak berada di Provinsi Riau, yakni 35 titik," ungkapnya lagi.

Sementara untuk daratan di provinsi lainnya, menurutnya, seperti di Aceh hanya ada satu, Sumatra Barat (dua), Jambi (26) dan Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) merupakan terbanyak kedua, dengan "30 hotspot".

Selanjutnya, demikian Marzuki, di daratan Provinsi Bengkulu dan Lampung, masing-masing terdeteksi ada empat titik yang tersebar pada bidang atau wilayah berdekatan.

"Pada provinsi lainnya yang juga biasa dengan kemunculan titik api seperti Sumatra Utara (Sumut), yang sempat terdeteksi hari Minggu (16/10) hanya empat titik, lalu pantauan terakhir (Senin 17/10) dinyatakan nihil," ujarnya.

Begitu juga dengan Provinsi Bangka Belitung dan Kepulauan Riau, menurut Marzuki, jika biasanya selalu identik dengan kemunculan "hotspot", sejak satu pekan ini dinyatakan nihil.

"Beberapa wilayah yang tidak terdapat titik api bisa jadi disebabkan hujan yang turun secara rutin. Sementara bagi provinsi yang saat ini terdapat titik api besar, kemungkinan disebabkan curah hujan yang minim dan suhu udara yang cenderung memanas pada siang hari, sebagaimana di Riau" kata Marzuki.

Ditanya mengenai prakiraan cuaca hari ini (Selasa 18/10) hingga beberapa hari ke depan, Marzuki memprediksi, sebagian besar wilayah Riau masih berpotensi dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

"Kosentrasinya masih banyak mengarah ke Riau bagian utara yang meliputi beberapa kabupaten pesisir seperti Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Pelalawan dan Kota Dumai," urainya.

Sementara untuk wilayah Riau lainnya, khususnya yang berada di bagian timur, menurut Marzuki, juga berpotensi dilanda hujan ringan, yakni Kabupaten Indragiri Hilir dan Kampar juga Pekanbaru.

Di tiga wilayah ini, menurutnya, cenderung akan dilanda hujan ringan yang sifatnya lokal atau tidak merata.

"Hujan berkemungkinan besar terjadi pada sore dan malam hari," papar Marzuki.