Suhu Udara Riau Masih Normal

id suhu udara, riau masih normal

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Suhu udara di sebagian besar Provinsi Riau menurut analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru masih dalam kondisi normal yakni berkisar 30 hingga 32,8 derajat celsius.

Analis BMKG Stasiun Pekanbaru Yudistira Mawadah di Pekanbaru, Kamis (20/10), mengatakan, puncak peningkatan suhu udara terjadi pada siang hari sekitar pukul 10.00 hingga 15.00 WIB.

"Biasanya di jam-jam ini suhu udara mau sampai di atas 34 derajat celsius. Kondisi ini sempat terjadi pada beberapa hari lalu," kata Yudistira.

Yudistira mengatakan hal itu terkait fenomena di Bojonegoro,Jawa Timur, yang mengalami kenaikan suhu ekstrim hingga 43 derajat Celcius.

Ia menjelaskan, jika kondisi suhu udara di Riau termasuk Pekanbaru berada di atas 33 derajat celsius, maka kemungkinan hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi sangat dimungkinkan terjadi pada sore atau malam harinya.

Pemicunya, demikian Yudistira, yakni terjadinya percepatan pertumbuhan awan, terutama pada daerah yang "memantulkan" suhu udara paling tinggi.

"Namun dari hasil pantauan dan prakiraan cuaca hari ini (Kamis 20/10) hingga besok (Jumat 21/10), sebagian besar Riau masih berpotensi di landa hujan, namun intensitasnya hanya ringan," ujarnya.

Kemungkinan hujan tersebut menurut Yudistira juga cenderung tidak merata, konsentrasinya berada di sejumlah pesisir Riau termasuk Kabupaten Bengkalis, Rokan Hilir, Meranti dan Kota Dumai

Hujan diprediksi Yudistira juga sangat berpotensi turun pada sore hingga malam hari dan sifatnya juga lokal atau tidak merata.

Sementara untuk kondisi perairan, Yudistira kembali menerangkan, khusus pesisir Riau meliputi Bengkalis, Rokan Hilir dan Kota Dumai masih belum membahayakan, mengingat ketinggiannya berpotensi hanya mencapai 0,5 sampai 0,75 meter.

"Namun untuk Kabupaten Meranti yang sebenarnya juga berada di wilayah pesisir Riau, berpotensi lebih tinggi lagi, yakni 0,75 hingga 1,2 meter," demikian Yudistira Mawadah.