Demokrat ajak dukung Amir Syamsuddin

id demokrat ajak, dukung amir syamsuddin

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Majelis Pertimbangan Daerah DPW Partai Demokrat Provinsi Riau menyambut baik penempatan kader partainya di posisi tertinggi Kementerian Hukum dan HAM RI hasil 'reshufle' kabinet, sembari mengajak publik mendukung program menteri tersebut.

"Kita harus mendukung pak Amir Syamsuddin (Menkumham baru menggantikan Patrialis Akbar, Red) untuk menjalankan tugasnya, karena beliau itu merupakan tokoh pejuang Hak Asasi Manusia (HAM) di tanah air," kata Yusrizal Tanjung, Majelis Pertimbangan Dewan Pimpinan Wilayah Parta Demokrat (PD) Riau kepada ANTARA, Kamis (20/10).

Ia mengaku, Amir Syamsudin merupakan sahabat dekatnya yang sama-sama berjuang dalam menegakkan hukum dan HAM di DPP PD sejak 2005 silam.

"Dengan duduknya salah satu kader Demokrat terbaik di Kementrian Hukum dan HAM (Kemkumhan), itu merupakan sutau kehormatan bagi partai kami. Seluruh kader Demokrat se-Riau diimbau mendukung program-program Menkumham. Nanti selanjutnya kendala-kendala hukum dan HAM di Riau bisa dibantu dengan baik," janjinya.

Yusrizal Tanjung kemudian menunjuk banyaknya masalah hukum dan HAM di Riau yang sangat perlu dibenahi. Seperti mengenai sengketa lahan yang memuncak menjadi konflik dengan perusahaan, hingga berpengaruh pada aktifitas kemasyarakatan maupun dunia usaha.

Karenanya, dengan naiknya Amir Syamsuddin sebagai Menkumham, ia berharap berbagai persoalan hukum dan HAM di Riau dapat dipercepat proses penuntasannya dengan dukungan seluruh kader Demokrat, juga masyarakat.

"Pada kesempatan ini kami menyampaikan banyak selamat dan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi pak Amir Syamsuddin sahabat saya yang sama-sama di DPP Demokrat sejak 2005 silam, atas kepercayaan Presiden sebagai Menkumham," ujarnya.

Sebagai salah satu daerah dengan potensi ekonomi terbaik di Indonesia, Yusrizal Tanjung menambahkan pentingnya penegakkan hukum serta keadilan berjalan baik di Provinsi Riau, dengan dukungan seluruh elemen masyarakat.

"Itu mestinya dilakukan dengan juga memberikan dukungan kepada semua program Menkumham yang baru. Baik dari kader Demokrat maupun masyarakat luas," pungkas Yusrizal Tanjung, yang juga Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau.