Anda ingin punya gigi sehat?

id anda ingin, punya gigi sehat

Anda ingin punya gigi sehat?

Jakarta (ANTARARIAU News) - Banyak orang sering mengganti permen anaknya dengan apel. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh ‘King’s College London Dental Institute’, apel tak begitu sehat ketimbang permen ketika dipandang dari sudut pandang kesehatan gigi.

Mengejutkannya, dampak berbahaya dari apel pada gigi adalah empat kali lebih besar ketimbang minuman ringan. Tampaknya, dari penelitian itu diketahui bahwa ada setidaknya lima hal yang memberikan dampak buruk pada gigi anda, yaitu :

1. Mengonsumsi apel

Menurut para ilmuwan ada beberapa jenis apel yang mengandung empat sendok teh gula yang dapat meningkatkan keasaman mulut. Ini tentu saja akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan gigi. Meski begitu, apel juga memiliki kalsium yang dikenal mampu menetralisir asam dan menguatkan jaringan tulang, termasuk gigi.

Menurut David Barlett, kepala departemen Prosthodontics di King’s College, masalahnya bukanlah apa yang kita makan, tetapi bagaimana kita memakannya. Ketika sesorang makan sebutir apel secara perlahan, tingkat asam yang tinggi di dalam apel memiliki banyak waktu untuk merusak gigi.

Temuan ini disimpulkan berdasarkan sebuah penelitian dalam sebuah penelitian dari 1000 orang yang berusia 18 hingga 30 tahun. para peneliti sangat tertarik dengan hubungan antara apa yang dikonsumsi oleh para responden dan masalah pada gigi dan gusi.

Hasil itu menemukan bahwa para responden yang menyukai apel meiliki 3.7 kali resiko lebih besar dari kerusakan gigi.

2. Jenis minuman yang dapat merusak gigi anda

Anggur,bir, dan jus buah menghasilkan empat kali lebih tinggi resiko kerusakan gigi. Hal itu akan lebih tinggi jika dikonsumsi secara reguler. Meski begitu, Jus buah masih menjadi minuman paling sehat dibandingkan dengan lainnya. Sehingga , anda dapat menggunakan sedotan dan memilih buah yang segar tanpa menambahkan gula.

3. Sereal

Mengapa sereal masuk daftar hitam para dokter gigi? Tampaknya bentuk sereal yang batangan itu mengandung gula dalam jumlah besar yang tak baik bagi kesehatan gigi anda.

4. Menggosok gigi setelah makan

Menggosok gigi secepatnya setelah makan tak akan bermanfaat malahan bisa membahayakan gigi anda. Ketika makan, glazur gigi dilembutkan dengan asam sehingga hal itu sangat rentan dan rapuh. Anda hanya akan menciptakan kerusakan lebih jauh jika anda menggosok gigi anda sesegera mungkin setelah makan.

Waktu terbaik jika anda ingin menggosok gigi anda adalah 30 menit setelah anda makan.

5. Apakah permen karet bisa merusak gigi anda?

Tampaknya hal itu masih memuat kontroversi. Ada dokter gigi yang mengatakan permen karet baik bagi gigi anda, sementara lainnya mengatakan berbahaya.

Menurut Dr.Junket dari Universitas Boston, permen karet bebas gula, utamanya yang memiliki rasa buah, mengandung tingkat asam yang tinggi. Asam ini akan menyebabkan glazur gigi dan meningkatkan kerusakan gigi.

Meski begitu, penelitian lain menunjukan bahwa mengunyah peremn karet setelah makan besar, dan setelah ngemil, dapat mengurangi 40 persen dari resiko kerusakan gigi.