Obor SeaGames Disemayamkan di Musi

id obor seagames, disemayamkan di musi

Obor SeaGames Disemayamkan di Musi

Palembang, (ANTARARIAU News) - Obor SEA Games XXVI disemayamkan di Plaza Benteng Kuto Besak tepian Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, setelah diarak keliling Indonesia dan kabupaten serta kota di daerah ini.

Wali Kota Palembang, Eddy Santana Putra bertindak sebagai inspektur upacara penyemayaman api yang berasal dari Sragen, Jawa Tengah itu, di Palembang, Kamis (10/11) malam.

Eddy mengatakan, api menjadi lambang penyelenggaraan SEA Games yang saat ini dimalamkan di Plaza BKB tepian Sungai Musi.

"Obor SEA Games menjadi penyemangat bagi seluruh komponen bangsa Indonesia, termasuk warga Palembang untuk menyukseskan kegiatan olahraga negara-negara se-Asia Tenggara itu," kata dia.

Selain menyemayamkan obor SEAG, Pemkot Palembang juga membuka festival musi yang menampilkan seni dan budaya Sumsel dan Indonesia.

Tarian dan nyanyian Melayu mendominasi panggung hiburan rakyat yang dihadiri ribuan warga Palembang dan wisatawan.

Andi Wijaya Busro, Sekretaris Panitia Penyelenggara mengatakan, Festival Musi menjadi salah satu upaya pemkot setempat memeriahkan SEA Games XXVI.

Beragam budaya, seni dalam bentuk tarian dan nyanyian, ditampilkan dalam agenda wisata tahunan kota ini, kata dia.

SEA Games ke-26 di Indonesia, 11-22 November 2011, berlangsung di Palembang dan DKI Jakarta, dengan acara pembukaan dan penutupan digelar di Palembang.

Hingga Kamis malam, persiapan pelaksanaan SEA Games diikuti 11 negara peserta ini, terus dimatangkan dengan latihan(gladi kotor) maupun gladi bersih.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diagendakan membuka SEA Games ke-26 itu, dengan kesiapan panitia menampilkan sejumlah atraksi yang dijanjikan akan spektakuler.