Kepulangan kloter pertama 11 November

id kepulangan kloter, pertama 11 november

Kepulangan kloter pertama 11 November

Mekah (ANTARARIAU News) - Kelompok terbang pertama yang akan mengangkut jemaah haji pulang ke Indonesia dimulai 11 November dengan 14 penerbangan menuju berbagai debarkasi.

"Mulai 11 November sudah dimulai pemulangan jemaah haji Indonesia ke berbagai penjuru daerah dan akan bertahap selesai hingga 10 desember dengan total seluruh kloter 503 penerbangan," kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Mekah Arsyad Hidayat di Mekah, Selasa.

Seluruh jemaah haji Indonesia yang berada di Mekah dan akan kembali ke Tanai Air, katanya, mulai 10 November akan digerakkan menuju Jedah untuk bermalam di hotel transito dan setelah itu sekitar 24 jam diberangkatkan menuju Indonesia.

"Jadi jemaah haji Indonesia saat pulang ke Indonesia tidak langsung dari Mekah menuju bandara di Jedah, tapi bermalam dulu sekitar 24 jam di hotel transito," katanya.

Menurutnya, saat ini proses pelaksanaan ibadah haji berangsur sudah selesai sehingga jemaah yang saat itu masuk dalam kloter pertama kedatangan ke Arab Saudi, mulai akan dipulangkan secara bertahap mulai Kamis depan.

Para jemaah haji yang pulang minggu-minggu ini, katanya, adalah jemaah yang sebelumnya telah melakukan arbain di Madinah dan mereka termasuk dalam kloter kedatangan di Arab Saudi.

"Sementara jemaah haji Indonesia yang datang masuk kloter-kloter akhir dan usai menjalankan ibadah haji, beberapa hari ini secara bertahap akan diarahkan menuju Madinah untuk Arbain," kata Arsyad.

Empat belas kloter yang akan pulang ke Tanah Air pada hari pertama (11 November) adalah debarkasi MES (Medan) dengan nomor penerbangan GA3201, debarkasi PLM (Palembang) GA7801, debarkasi BTJ (Aceh) GA2201, debarkasi BPN (Balikpapan) GA4201, debarkasi PDG (Padang) GA3600, debarkasi SOC (Solo) GA6501, serta debarkasi UPG (Makassar) GA1400.

Selain itu juga debarkasi JKG (DKI Jakarta) GA7401, debarkasi SOC GA6601, debarkasi UPG GA1301, debarkasi JKS (Bekasi/Jawa Barat) SV (Saudi Arabia Airlines) 5500, debarkasi SUB (Surabaya) SV5502, debarkasi BTH (Batam) SV5504, serta debarkasi SOC GA6701.

"Selanjutnya setelah tanggal 11 November setiap hari akan ada pemulangan jemaah haji Indonesia sampai 10 Desember dengan kloter terakhir debarkasi JKS (Jawa Barat)," kata Arsyad.