Obama peringatkan Korut mengenai proliferasi

id obama peringatkan, korut mengenai proliferasi

Obama peringatkan Korut mengenai proliferasi

Canberra (ANTARARIAU News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama Kamis mengatakan AS akan mengambil tindakan tegas untuk mencegah Korea Utara menyebarkan bahan nuklir ke negara-negara lain atau kelompok teror.

"Pengalihan bahan-bahan nuklir oleh Korea Utara untuk negara atau entitas non-negara akan dianggap sebagai ancaman besar terhadap Amerika Serikat dan sekutu-sekutu kami," kata Obama dalam pidatonya di parlemen Australia, lapor AFP.

"Kami akan minta Korea Utara bertanggung jawab penuh atas konsekuensi-konsekuensi dari tindakan seperti itu."

Pemimpin AS itu mengatakan negaranya akan "bertindak tegas" terhadap kegiatan proliferasi Korea Utara dan bersumpah bahwa komitmen Washington kepada tetangganya, Korea Selatan, tidak akan pernah goyah.

AS melihat program pengayaan uranium Pyongyang sebagai ancaman serius dan telah berulang kali mendesak negara komunis itu untuk mengambil "langkah-langkah konkret" menuju denuklirisasi sebelum perundingan enam negara tentang pelucutan senjata dapat dilanjutkan.

Para pejabat pekan ini menyatakan keprihatinan tentang pembangunan baru reaktor air ringan yang segera akan beroperasi, dan mengatakan itu adalah pelanggaran resolusi Dewan Keamanan PBB serta komitmen 2005 Korea Utara.

Perundingan antara AS, China, Jepang, Rusia dan kedua Korea dibuka pada tahun 2003 dan menghasilkan satu perjanjian 2005, tetapi terhenti sejak Desember 2008.

Korea Utara keluar dari perundingan enam negara itu pada April 2009, sebulan sebelum Pyongyang menggelar uji coba senjata atomnya yang kedua.

Sejak itu Korea Utara banyak membuat tawaran tentang kembali ke meja perundingan, tetapi menegaskan tidak ada prasyarat.

Washington dan sekutunya mengatakan, pembicaraan tidak dapat dilanjutkan tanpa tindakan nyata Korea Utara termasuk penghentian pengembangan senjata dan pengujiannya, mengakhiri kegiatan pengayaan uranium dan kembali mengizinkan inspektur nuklir PBB memeriksa instalasi-instalasi nuklirnya.