Jamaah kembali capai 38.897 orang

id jamaah kembali, capai 38897 orang

Jamaah kembali capai 38.897 orang

Mekkah, (ANTARARIAU News) - Jumlah jamaah haji Indonesia yang telah kembali ke Tanah Air hingga Kamis pukul 08.53 waktu Arab Saudi (WAS) atau 12.53 WIB mencapai 38.897 orang atau 19,47 persen dari prakiraan yang akan pulang mencapai 199.693 orang.

"Jumlah jamaah yang akan pulang setiap hari akan terus bertambah setelah mereka selesai seluruhnya menjalankan ibadah di Mekkah dan Madinah. Sementara masih banyak pula jamaah yang masih berada di Madinah dan Mekkah," kata Kepala Seksi Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama Evi Al Hudhori di Mekkah, Kamis.

Dikatakan, sejak 11 November jamaah haji Indonesia secara bertahap memang telah kembali ke Tanah Air dan mereka adalah jamaah yang datang ke Arab Saudi gelombang I.

Jumlah kepulangan jamaah ke Indonesia, katanya, akan terus terjadi setiap harinya sehingga seluruhnya tiba kembali di Tanah Air.

Jamaah terbanyak yang telah tiba di Tanah Air tiba di debarkasi JKS (Bekasi/Jabar) 6.739 orang, debarkasi SOC (Solo) 6.734 orang dan debarkasi SUB (Surabaya) 6.701 orang.

Menurutnya, jamaah Indonesia yang saat ini sudah kembali ke Tanah Air adalah yang telah menjalankan ibadah di Madinah dan menjalankan Arbain di Masjid Nabawi dan telah berada di Arab Saudi selama 40 hari.

"Secara bertahap jamaah gelombang I sudah dipulangkan ke Tanah Air dan nanti jamaah gelombang kedua yang sudah selesai ibadah di Tanah Air juga kembali ke Tanah Air," katanya.

Perjalanan kepulangan jamaah haji Indonesia ke Tanah AIr, menggunakan dua maskapai yaitu Garuda Indonesia dan Saudi Airlines.

Sementara untuk jamaah wafat, katanya, sampai saat ini sudah mencapai 327 orang, terbanyak berasal dari embarkasi SUB 31.989 orang, embarkasi JKS 29.427 orang serta embarkasi SOC 22.936 orang.