Bandara Pekanbaru Siapkan Posko Natal

id bandara pekanbaru, siapkan posko natal

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Riau, menyiapkan posko khusus untuk menghadapi lonjakan penumpang pada Natal dan Tahun Baru 2012 yang diperkirakan akan mulai terjadi pada H-3 hingga H+3.

Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru Ibnu Hasan di Pekanbaru, Selasa, mengatakan Posko Natal dan Tahun Baru 2012 rencananya mulai diopersikan seminggu sebelum 25 Desember 2011 yang merupakan puncak Hari Natal.

"Posko ini rencananya akan terus beroperasi sampai tiga hari setelah tahun baru (1 Januari 2012). Posko ini sengaja dibuat agar dapat memantau arus penumpang apabila terjadi lonjakan," kata Ibnu.

Selain itu, Posko Natal ini juga bertujuan untuk menjaga kelancaran penerbangan sekaligus menjadi pusat layanan informasi bagi para penumpang.

"Jika ditemukan ada keluhan penumpang terhadap berbagai hal terkait kelalaian dari setiap maskapai penerbangan atau hanya ingin mendapatkan informasi dari maskapai di Bandara SSK II, maka dapat mengadukan dan mempertanyakan persoalannya ke posko tersebut," kata Ibnu.

Ia mengatakan, semua pengaduan akan dilayani dengan baik. Semua ini demi kelancaran arus perayaan Natal dan Tahun Baru" ujarnya.

Ditanya mengenai kondisi arus penumpang Bandara SSK II saat ini, Ibnu mengatakan masih lancar dan belum terjadi lonjakan signifikan.

"Lonjakan penumpang hanya terjadi setiap akhir pekan, paling dua sampai lima persen," katanya.

Ia memperkirakan untuk hari biasa (Senin-Jumat) rata-rata jumlah penumpang berkisar 7.000 hingga 7.500 orang dengan tujuan dominan Jakarta dan Batam.

"Sementara untuk akhir pekan (Sabtu-Minggu) dan hari-hari tertentu lainnya, jumlah penumpang diperkirakan mencapai lebih dari 8.000 orang. Kondisi ini masih belum terlalu menyibukkan kami," kata Ibnu Hasan.