Akhir Tahun, Bandara Dumai Sepi

id akhir tahun, bandara dumai sepi

Dumai, Riau, (ANTARARIAU News) - Aktivitas Bandara 'Pinang Kampai, Kota Dumai, Provinsi Riau, masih berjalan normal jelang pergantian Tahun Baru, tidak terjadi pergerakan peningkatan.

Kepala UPT Bandar Udara (Bandara) 'Pinang Kampai' (PK), Irvan, kepada ANTARA, di Dumai, Jumat (30/12), mengatakan, kondisi normal ini ditandai dengan tidak adanya angka penurunan atau lonjakan penumpang yang menggunakan pesawat saat libur Tahun Baru.

"Aktivitas Bandara saat ini masih tetap normal seperti biasa dan tidak ada peningkatan apapun. Bandara hanya melayani pesawat carteran karyawan dua perusahaan, baik itu Pertamina maupun Chevron," ungkapnya.

Sejauh ini, menurutnya, belum ada penambahan armada pesawat menghadapi Tahun Baru.

Ia menjelaskan, Bandara PK sebelumnya pernah membuka jalur penerbangan umum dengan menggunakan maskapai pesawat komersial.

"Namun karena terkendala teknis Bandara dan aturan pemerintah, sehingga untuk sementara belum melayani transportasi untuk masyarakat umum," ujarnya.

Dikatakan, kondisi normal di Bandara milik PT Pertamina ini juga dialami saat perayaan Natal 25 Desember kemarin.

Kawasan Bandara yang berstatus pinjam pakai dari Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai ke perusahaan migas nasional tersebut, saat ini hanya dipergunakan untuk aktivitas kepentingan karyawan perusahaan dengan menggunakan pesawat carter milik Pelita Air, jenis Fokker 100.

Bahkan saking sepinya, Irvan memprediksi jelang perayaan dan pasca Tahun Baru 2012, aktivitas penumpang akan biasa-biasa saja dan tidak ada lonjakan.

"Sampai sekarang, penumpang yang berangkat masih normal, karena hanya dimanfaatkan untuk kepentingan cpesawat carteran karyawan," tuturnya.

Ia menambahkan, jadwal penerbangan maskapai Pelita khusus PT Chevron Pasific Indonesia (CPI) dilakukan lima kali dalam seminggu dengan rute Dumai-Batam, dab Dumai-Jakarta.

Sedangkan untuk karyawan Pertamina, hanya sekali dalam sepekan, dengan tujuan Dumai-Jakarta.

Dari pantauan ANTARA di Bandara PK, terlihat suasana normal, baik itu untuk arus keberangkatan atau kedatangan.

Penumpukan orang juga tidak nampak di Bandara, karena tidak padatnya jadwal penerbangan.