Peluang hujan Riau masih tinggi

id peluang hujan, riau masih tinggi

Peluang hujan Riau masih tinggi

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Badan Metorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprakirakan peluang hujan untuk sebagian besar wilayah Provinsi Riau pada hari ini masih cukup tinggi dengan intensitas rata-rata ringan-sedang.

"Peluang hujan juga hampir merata di seluruh wilayah Riau, kecuali Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Pelalawan dan Kota Dumai," kata analis BMKG Stasiun Pekanbaru, Warih Budi Lestari di Pekanbaru, Jumat.

Sementara untuk delapan kabupaten/kota lainnya, demikian Warih, yang memiliki potensi hujan sedang yakni Kabupaten Kuantansingingi dan Kepulauan Meranti.

Kemudian untuk Kabupaten Kampar, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Siak dan Kota Pekanbaru, menurut Warih, berpotensi dilanda hujan dengan intensitas ringan.

"Peluang hujan masih sama, yakni turun pada sore hingga malam hari," katanya.

Mengenai titik api atau 'hotspot', kata Warih terakhir Satelit "National Oceanic and Atmospheric Administration" (NOAA) 18 milik Singapura hanya mendeteksi dua titik api di Riau.

Dua 'hotspot' yang dimaksud berada di Kabupaten Indragiri Hulu.

Kemudian untuk kecepatan dan pola angin, umumnya menurut analis ini bertiup dari arah Barat Laut hingga Timur Laut, dengan kecepatan berkisar antara tujuh - 25 kilometer (km) per jam.

"Untuk kemungkinan terburuk, sejauh ini belum dapat kami simpulkan secara pasti. Namun apabila terjadi gangguan cuaca, angin kencang berpotensi muncul beriringan dengan datangnya hujan," demikian Warih Budi Lestari.