Waspadai gelombang tinggi malam hari

id waspadai gelombang, tinggi malam hari

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru mengimbau perusahaan pelayaran dan para nelayan untuk waspada terhadap munculnya gelombang tinggi malam hari di perairan Riau dan Kepulauan Riau.

"Tinggi gelombang diperkirakan mencapai 2,5 hingga 3,5 meter. Kondisi ini tidak lagi menguntungkan bagi nelayan dan perusahaan pelayaran. Jadi sebaiknya waspada," kata analis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Marzuki di Pekanbaru, Jumat.

Marzuki yang ditemui di ruang kerjanya memaparkan, tinggi gelombang di perairan Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) sebenarnya cukup variatif.

Khusus di wilayah perairan wilayah Riau, seperti di sekitaran Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis, Meranti dan Selat Malaka, menurutnya, tinggi gelombang diprediksi hanya berkisar 0,5 hingga satu meter.

Sementara di wilayah perairan Riau lainnya, khususnya di Indragiri Hilir, lanjutnya, tinggi gelombang diprediksi mencapai satu hingga dua meter.

"Kemudian di wilayah perairan Kepri, seperti Batam, Selat Singapura, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, dan Debo Singkep, tinggi gelombang bisa berkisar antara 1,5 sampai 2,5 meter," ungkapnya.

Selanjutnya, di perairan Natuna, Tarempa dan Matak, (masih di Kepri), menurutnya,tinggi gelombang dimungkinkan akan mencapai 2,5 sampai 3,5 meter.

"Karenanya, kami mengimbau masyarakat khususnya yang hendak berlayar dengan rute Riau-Kepri dan sebaliknya, sebaiknya waspada. Khususnya pada perairan Riau bagian selatan dan perairan Kepri pada umumnya," demikian Marzuki.