Potensi Pariwisata Jadi Di Riau

id potensi pariwisata, jadi di riau

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Provinsi Riau ternyata memiliki potensi wisata berupa Gunung Jadi di Kabupaten Kampar, yang sayangnya hingga kini belum dipromosikan pemerintah daerah.

Hal itu terungkap pada pemaparan Tim XPDC yang telah melakukan ekspedisi ke Gunung Jadi, di Pekanbaru, Jumat.

"Salah kendala untuk mempromosikan Gunung Jadi adalah akses transportasi yang minim," kata Koordinator XPDC 12-12, Hisam Setiawan.

Tim XPDC memaparkan bahwa Gunung Jadi tepatnya terletak di Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Riau. Gunung tersebut berada di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut.

Gunung Jadi memiliki dua puncak dan vegetasi yang lebat karena berada dalam Kawasan Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Baling.

"Di Gunung Jadi, tim juga menemukan ada pohon pinus dan damar yang merupakan tanaman khas purba, padahal pohon pinus tidak ditemukan di Bukit Barisan," ujarnya.

Gunung tersebut juga memiliki potensi wisata berupa tujuh air terjun dengan ketinggian berkisar tiga hingga 30 meter.

"Air terjun di sana juga sangat indah," katanya.

Selain itu, tim ekspedisi juga menemukan fakta beberapa jenis burung di tempat itu. Namun, kendala akses transportasi membuat perjalanan ke puncak gunung membutuhkan waktu hingga lima hari.

Tim XPDC 12-12 terdiri dari para aktivis dari River Defender, Brimapala Sungkai, Telapak BT Riau, Yayasan Mitra Insani dan Gurindam12. Ekspedisi tersebut juga melibatkan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Riau.

"Kami berharap pemerintah dan instansi terkait memberikan perhatian terhadap keberadaan Gunung Jadi, karena selama ini khalayak banyak belum mengetahui bahwa di Riau ada gunung," ujarnya.