Bupati Ajak Muhammadiyah Kontrol Aparat

id bupati ajak, muhammadiyah kontrol aparat

Kampar, Riau (ANTARARIAU News) - Sejak sebelum kemerdekaan Indonesia, Muhammadiyah telah membuktikan diri memberi banyak kontribusi di berbagai kemasyarakatan, sehingga Bupati Kampar, H Jefry Noer mengajak salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia ini ikut mengontrol kinerja aparatur pemerintahan.

"Dengan instrumen yang dimiliki, saya yakin Muhammadiyah punya jejaring kuat sampai ke berbagai pelosok. Karenanya, mari bekerjasama dengan selalu mengontrol dan mengawasi, serta melaporkan seluruh kinerja aparatur," tandasnya, di Kampar, Selasa.

Ia mengatakan itu terkait kegiatan Musyawarah Cabang (Muscab) III Muhammadyah Kabupaten Kampar di Madrasyah Diniyah Awaliyah (MDA) 'Padang Merbau Barat', Desa Koto Perambahan, Kecamatan Kampar Timur, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

"Silahkan awasi dan laporkan kepada Bupati, seluruh kinerja aparatur pemerintah yang tidak sesuai dengan aturan dan program kerja menyangkut visi maupun misi Kabupaten Kampar, demi mewujudkan "Kampar sebagai Serambi Mekahnya Provinsi Riau"," tandasnya lagi.

Dikatakannya, cita-cita Muhammadiyah sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar, terutama dalam mengimplementasikan pilar pertama, yakni "Pembinaan Akhlak dan Moral".

"Saya sudah menyimak program-program kerja Muhammadyah, itu sangat bagus dan sejalan dengan 'Lima Pilar Program Pemerintah Kabupaten Kampar'," paparnya.

Disebutkannya, Lima Pilar Program Pemkab Kampar itu, pertama peningkatan akhlak dan moral, kedua, meningkatkan ekonomi rakyat melalui program amal serta usahanya.

Ketiga, lanjutnya, peningkatan sumberdaya manusia, termasuk melalui sekolah-sekolah yang didirikan oleh Muhammadyah.

"Khusus mengenai peningkatan kualitas SDM, harus dengan keseriusan dan kerja keras, juga dibutuhkan pemikiran matang dalam merencanakan semua program kerja suatu organisasi agar dapat berkembang," ujarnya.

Pilar keempat, menurutnya, peningkatan pelayanan kesehatan, sedangkan kelima, pengembangan infrastruktur.

"Karenanya, mari kita bersama-sama mewujudkan Kampar secara lebih baik, dan secara khusus, mewujudkannya sebagai 'Serambi Mekah'-nya Provinsi Riau," katanya.

Terkait Muscab III Muhammadiyah Kampar, Bupati Jefry Noer juga menyerahkan buku dan memberikan bantuan sebesar Rp5 juta guna pembangunan WC MDA setempat.