Daya listrik berkurang 60 MVA

id daya listrik, berkurang 60 mva

Pekanbaru - PT PLN Cabang Pekanbaru menyatakan pasokan daya listrik menurun sebesar 60 megavolt amphere akibat pemeliharaan di PLTU Teluk Lembu sehingga terjadi pemadaman listrik di sebagian daerah di Pekanbaru, Sabtu.

"Kami melakukan pemeliharaan trafo daya di PLTU Teluk Lembu, yang membuat daya berkurang sekitar 60 Mva," kata Asisten Teknik PLN Cabang Pekanbaru Donny Adriansyah, kepada ANTARA.

Ia mengatakan kondisi itu membuat PLN terpaksa melakukan pemadaman listrik sejak sekitar pukul 08.30 WIB.

Menurut dia, pengerjaan pemeliharaan trafo diperkirakan bakal dilakukan sampai sore hari.

Namun, ia mengatakan PLN berupaya agar layanan bisa normal pada siang ini dengan cara mengalihkan pasokan daya dari trafo daya II.

"Mudah-mudahan kalau lancar, kami akan ambil daya dari trafo II supaya layanan bisa normal kembali sekitar jam 12 siang," katanya.

Manajer PLN Cabang Pekanbaru, Agus Sucahyo, mengatakan pemadaman bukan karena ada kerusakan mesin.

Menurut dia, hal itu merupakan pemeliharaan rutin. "Ada pemeliharaan rutin di trafo gardu induk Teluk Lembu," katanya.

Berdasarkan pantuan ANTARA, pemadaman listrik berlangsung lebih dari tiga jam. Daerah yang terkena pemadaman diantaranya di pusat pemerintahan seperti Jl Diponegoro, Gajah Mada, Sumatera dan sebagian Jl Jenderal Sudirman.

Kemudian pemadaman juga terjadi di pusat permukiman warga dan niaga, seperti di sekitar Jalan Harapan Raya.

Sejumlah warga berharap PLN meningkatkan layanan informasi terkait gangguan layanan listrik kepada pelanggan.

"Sekarang sudah ada fasilitas internet dan media sosial untuk menginformasikan tentang pemadaman listrik, agar informasi lebih luas dan tidak merugikan pemilik usaha kecil," kata seorang warga Pekanbaru, Sutawijaya.