Voli-Proliga libatkan puluhan pemain Asing

id voli-proliga libatkan, puluhan pemain asing

Pekanbaru - Kompetisi bola voli 'Proliga' kembali bergulir musim 2012 ii dengan tajuk 'Bina Sarana Informatika atau BSI Proliga', yang diskedual dimulai 17 Februari 2012 besok.

"Ada sekitar 25 pemain asing yang turut berlaga dalam ajang olah raga voli nasional paling bergengsi ini. Di antaranya dari Kanada, Thailand, Inggris dan Kazakstan," kata Kombes Adang Ginanjar selaku Manager Lima Tim Voli dari Jakarta 'Popsivo Polwan' pada jumpa pers di Pekanbaru, Kamis.

Adang Ginanjar yang juga Kepala Polresta Pekanbaru mengatakan, kehadiran para pemain asing di sejumlah tim ternama, untuk menambah "power" bagi tim-tim lokal pada laga Proliga.

Adang didampingi Ketua Harian Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Riau, Marzuki Taher, menyatakan, dalam Proliga musim ini, sebanyak 12 kota turut berlaga sekaligus menyediakan "pentas pertandingan".

Kota-kota itu, yakni Palembang, Bontang, Solo, Yogyakarta, Banyuwangi atau Surabaya, Indramayu, Semarang, Gresik, Malang, Bandung dan Jakarta serta Pekanbaru.

Kompetisi bola voli terbesar di Tanah Air ini, menurutnya, juga dipastikan lebih meriah dibandingkan Proliga tahun sebelumnya.

Dikatakan, Selain itu, kesiapan Pekanbaru sebagai salah satu tuan rumah - meski tidak ada klub untuk dipertandingan - sejauh ini sudah sangat matang.

"Nantinya perlombaan nasional dan semi internasional (karena melibatkan puluhan pemain asing) akan dilaksanakan di Gelanggang Olah Raga Remaja (GOR) Pekanbaru," katanya.

Pentas olah raga yang juga dibuka untuk umum ini, khusus di Pekanbaru akan diselenggarakan semeriah mungkin.

Mengenai penjualan tiket, baru akan dimulai pada tanggal 22 Februari mendatang atau dua hari sebelum pelaksanaan pertandingan di Pekanbaru.

Pertandingan di Pekanbaru akan dilaksanakan mulai tanggal 24 hingga 26 Februari 2012 pada jam-jam yang telah ditentukan oleh pihak panitia penyelenggara dari Jakarta.

"Mulai dari penginapan, akomodasi panitia dan lainnya juga telah disiapkan. Semuanya ditanggung oleh dana masing-masing pula," katanya.

Proliga musim 2012 ini, memperebutkan hadiah uang tunai yang ditaksir totalnya senilai Rp500 hingga Rp700 juta.

Data yang berhasil dihimpun ANTARA menyebutkan, putaran pertama Proliga 2012 selain dilaksanakan di Pekanbaru, juga di GOR 'Kampus' Palembang, 17-19 Februari 2012.

Selain itu di GOR 'Bontang Lestari' Bontang, 2-9 Maret serta terakhir di Solo (GOR 'Spritex Arena'), 10 hingga 11 Maret.

Kombes Adang Ginanjar berharap, ajang olah raga nasional ini dapat merangsang minat masyarakat serta menjadi gambaran untuk suksesnya Pekan Olah Raga Nasional (PON) 2012 di Riau, September 2012 mendatang.

"Kesuksesan acara ini, juga tidak lepas dari dukungan teman-teman media atau wartawan semua. Jadi kami harapkan wartawan dapat membantu untuk melakukan sosialisasi ke publik dengan meliputnya selama Proliga dilaksanakan di Pekanbaru," harapAdang Ginanjar.