Softbal ''Try out'' di Jakarta

id softbal try out di jakarta

Pekanbaru - Tim Softbal Riau yang dipersiapkan berlaga pada PON XVIII di Riau, September 2012, terus meningkatkan kualitasnya dengan mengikuti ajang Kejuaran Softbal Jakarta, sebagai ajang "try out".

Uji coba itu bertujuan memantapkan mental serta teknik para pemain, kata pelatih Softbal Riau, Hasan Ratumanu, Jumat.

"Kejuaraan Softbal Jakarta ini, kami jadikan sebagai ajang uji coba untuk memantapkan mental, teknik, disiplin serta kerja sama tim dari para atlet yang telah dibina. Sehingga saat PON, benar-benar mantap," katanya.

Kejuaraan Softbal Jakarta ini, menurut Hasan, sudah berlangsung sejak 16 hingga 19 Februari dan diikuti sebanyak 24 tim se Indonesia, jelasnya.

"Berbicara target, kami tidak memasang hal muluk-muluk dulu. Karena kejuaraan di Jakarta itu bagi kami sebagai ajang pemantapan mental pemain. Apalagi, tim kami saat ini baru saja terbentuk empat bulan lalu," ujarnya.

Namun Hasan yakin, dengan kondisi tim amatiran yang masih baru terbentuk tersebut, bisa memberikan prestasi terbaik buat Riau, terlebih-lebih pada pergelaran PON nantinya.

"Olahraga softbal ini tidak bisa kita prediksi. Tidak seperti cabang olahraga lainnya seperti lari atau nomor atletik lainnya. Namun sejauh ini tim yang selalu diunggulkan itu dari Jawa Barat, Jakarta dan Sulawesi Tenggara," ucap Hasan.

Sementara itu, Sekretaris umum Persatuan Basebal dan Softbal Amatir Seluruh Indonesia (Perbasasi) Riau, Adil Laska, mengatakan, untuk memompa mental bertanding pemain, pihaknya mematok target masuk semi final dalam Kejuaraan Softball Jakarta.

Sedangkan untuk mematangkan kemampuan tim, ia berencana melakukan sejumlah uji coba lagi, sehingga dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII mendatang, Tim Riau bisa berjaya.

"Kami menyadari kondisi tim saat ini belum sehebat tim-tim dari Pulau Jawa. Namun untuk memompa semangat anak-anak, target kami masuk semi final di Jakarta," katanya.

Selanjutnya untuk PON XVIII di Riau, September 2012, pihaknya berani memasang target satu emas dari cabang olahraga softbal.

"Di PON nanti kami menargetkan satu emas, dan kami yakin dengan target itu, karena bermain di kandang sendiri," tandas Adil Laska.