Gubernur: Sambut piala Asia U-22

id gubernur sambut, piala asia u-22

Pekanbaru - Gubernur Riau HM Rusli Zainal mengatakan, Kota Pekanbaru siap menyambut Piala Asia U-22 zona grup pada Juni 2012 karena "Kota Bertuah" itu telah memiliki dua stadion megah.

"Saya sudah diberi tahu oleh Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) Djohar Arifin Husin dan sudah berkomunikasi secara langsung. Intinya, saya menyambut baik kehormatan yang diberikan kepada Riau, Pekanbaru khususnya, sebagai tempat atau penyelenggara Piala Asia," kata Gubernur Riau di Pekanbaru, Rabu.

Ia berharap, Piala Asia U-22 benar-benar jadi diselenggarakan di Pekanbaru. Dengan demikian, melengkapi berbagai kegiatan internasional dan nasional.

Sebelumnya, PSSI menunjuk Pekanbaru sebagai tuan rumah pelaksanaan Piala Asia U-22 zona grup mengingat "Kota Bertuah" telah memenuhi unsur syarat sebagai tuan rumah seperti yang diminta oleh AFC.

Salah satunya, menurut Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin di Jakarta, Pekanbaru memiliki dua stadion bertaraf Internasional dengan kapasitas penonton lebih dari 40 ribu orang.

"Pekanbaru sudah kami ajukan ke AFC. Kenapa harus di Pekanbaru, karena terdapat dua stadion standar Internasional, yakni Stadion Rumbai dan Stadion Universitas Riau yang jaraknya hanya empat kilometer," kata Djohar di Jakarta.

Hingga saat ini, PSSI masih menunggu jawaban dari AFC terkait pengajuan Riau sebagai tuan rumah mengingat Riau sendiri telah siap untuk perhelatan olah raga Internasional tersebut.

Setelah memiliki Stadion Rumbai yang berada di Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, saat ini Pemerintah Provinsi Riau juga telah merealisasikan pembangunan stadion utama di kawasan Universitas Riau (UR) yang juga di Pekanbaru.

Stadion baru yang telah mencapai kesiapan hingga 99 persen tersebut dirancang untuk mampu menampung lebih dari 41.000 penonton.

Piala Asia U-22 sendiri merupakan turnamen yang baru kali pertama digelar oleh AFC, diikuti 41 negara se-Asia dan terbagi atas tujuh grup.

Indonesia tergabung di Grup E bersama Jepang, Australia, Singapura, Timor Timur, dan Makau.

Guna mempersiapkan tim, PSSI langsung bergerak mematau Timnas U-21 yang saat ini bertanding di turnamen Piala Hassanal Bolkiah di Brunei Darussalam. Timnas U-21 ini nantinya akan dilatih oleh Widodo Cahyono Putro.