BPBD imbau warga waspada banjir

id bpbd imbau, warga waspada banjir

Pekanbaru - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau mengimbau warga, khususnya yang berada di empat aliran sungai besar di daerah tersebut tetap waspada banjir, terkait hujan terus mengguyur provinsi tersebut.

"Yang jelas kami tetap mengimbau warga agar tetap waspada, khususnya warga yang berada di empat daerah aliran sungai besar di Riau, yakni Sungai Siak, Sungai Kampar, Sungai Rokan dan Sungai Indragiri," kata Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau, Tengku Zul Efendi kepada ANTARA, di Pekanbaru, Rabu.

Dikatakan, berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Riau memasuki musim hujan pada bulan Maret hingga April mendatang.

Karena itu, menurutnya, BPBD terus mengimbau warga tetap waspada banjir.

"Sebagai warga yang berada di pinggiran sungai, wajib dan harus meningkatkan kewaspadaannya, jangan sampai lengah. Karena kita tidak tahu bencana ini kapan datangnya. Jadi yang penting tetap waspada," ujarnya.

Ia mengakui, memang bencana banjir sudah menjadi hal biasa bagi warga Riau, khususnya yang berada di empat daerah aliran sungai besar, mengingat hampir setiap tahun bencana ini tetap datang.

"Sebagian warga mungkin sudah tidak heran dengan banjir. Namun kami perlu ingatkan juga agar meningkatkan kewaspadaan," katanya.

Dia berharap, semua pihak harus ikut mengatasi bencana banjir tahunan yang melanda Riau dan meminta ikut ambil bagian dalam penanggulangan, jika seandainya terjadi bencana.

"Kami terus meningkatkan koordinasi dengan instansi dan pihak-pihak yang berwenang di daerah. Jika seandainya terjadi bencana, khususnya banjir, agar langsung ditangani," demikian Tengku Zul Efendi.