Dumai matangkan 'Venues' pertandingan PON-XVIII

id dumai matangkan, venues pertandingan pon-xviii

Dumai - Sejumlah 'venues' pertandingan PON XVIII, September 2012, di Kota Dumai, Provinsi Riau, kini semakin dimatangkan.

"Salah satunya, 'venues' cabang olahraga (Cabor) selam 'mono fin' di kolam renang Sasana Mitra, milik PT Pertamina RU II Dumai," kata Humas Pertamina setempat, Yefrizon, Senin.

Sebagaimana diberitakan ANTARA sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau selaku Pengurus Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII membagi berbagai 'venues' ke seluruh kota maupun kabupaten di 'bumi lancang kuning' itu.

Khusus di Kota Dumai, menurut Yefrizon, yang merupakan wilayah tepi laut, dikhususkan menjadi tempat cabor perairan, termasuk selam.

Kepada ANTARA ia menambahkan 'venues selam 'mono fin' sejauh ini sudah dipersiapkan sebagai komitmen perusahaan mendukung pelaksanaan PON yang ditempatkan di Kota Dumai.

"Kami masih melakukan pengerjaan tahapan persiapan 'venues' selam 'mono fin' di kolam renang Sasana Mitra dengan dana Rp7 miliar untuk pembangunan infrastruktur dan sarana pendukung," jelasnya.

Dia meyakini, seluruh pekerjaan bisa tuntas akhir Mei 2012.

Ia menjelaskan, tahapan pekerjaan persiapan saat ini yang dilakukan Pertamina ialah renovasi kolam dan pengadaan alat pengaturan waktu sesuai standar internasional.

"Kolam yang sebenarnya sudah ada itu hanya membutuhkan renovasi penyesuaian ukuran sesuai standar internasional," tuturnya.

Di samping itu, lanjutnya, di sisi kolam renang utama, akan dibangun satu kolam baru berukuran lebih kecil.

"Kolam ini akan berfungsi sebagai tempat atlet yang bertanding melakukan pemanasan," katanya.

Guna memastikan kesiapan 'venues', baru-baru ini kolam renang ditinjau Tim 'Technical Delegate' PON XVIII Tahun 2012 beserta PB PRSI.

Keseluruhan kelengkapan fasilitas dan sarana pendukung yang disiapkan, antara lain ruang atlet, ruang 'official', ruang juri, 'media center', dan ruang kesehatan serta tribun penonton.