Pembukaan PON bertepatan dengan HUT-SBY

id pembukaan pon, bertepatan dengan hut-sby

Pekanbaru (ANTARARIAU News) - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XVIII menyatakan, pembukaan even olahraga terbesar di Indonesia itu akan digelar pada 9 September 2012, bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-63 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Pembukaan PON di Riau pas harinya dengan ulang tahun Presiden SBY," kata Kepala Bidang Humas Panitia Besar PON XVIII, Chairul Rizky, di Pekanbaru, Rabu.

Menurut dia, Presiden SBY direncanakan bakal hadir untuk membuka PON XVIII di Riau. Namun, ia belum bisa memastikan apakah dalam pembukaan tersebut juga akan diselingi dengan pesta peringatan ulang tahun orang nomor satu di Indonesia itu. "Itu masih rahasia," katanya.

Menurut dia, pesta pembukaan PON XVIII akan dipusatkan di Stadion Utama di kompleks Universitas Riau (UNRI) Pekanbaru.

Ia mengatakan, acara pembukaan dipastikan bakal meriah dan disiarkan langsung sejumlah stasiun televisi.

PON XVIII di Riau akan diselenggarakan mulai tanggal 9 hingga 20 September 2012. Meski begitu, kemungkinan besar akan ada cabang olahraga yang mulai lebih dulu sebelum pembukaan, seperti babak penyisihan sepakbola.

Ia mengatakan, ada 10 daerah di Riau yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan cabang olahraga, meliputi Kota Pekanbaru, Dumai, Kabupaten Pelalawan, Kampar, Kuantan Singingi, Bengkalis, Siak, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Rokan Hulu.

"Dari 12 kabupaten/kota hanya dua daerah yang tidak menjadi penyelenggara PON, yakni di Kabupaten Rokan Hilir dan Kepulauan Meranti," ujarnya.

Berdasarkan data PB PON XVIII Riau, tidak kurang 10.455 orang terdiri dari atlet, pelatih dan ofisial bakal terlibat dalam even olahraga empat tahunan itu.

Chairul Rizky menambahkan, jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan mengalami pertambahan dari 39 menjadi 42 cabang olahraga, berdasarkan Surat Keputusan Ketua Umum KONI yang terbaru.