Empat Kabupaten Riau rawan banjir

id empat kabupaten, riau rawan banjir

Pekanbaru (ANTARARIAU News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru menyatakan, empat wilayah kabupaten di Riau pada Maret 2012 masuk nominasi sebagai daerah paling rawan banjir mengingat daratan yang cenderung rendah.

Keempat wilayah kabupaten yang dimaksud menurut peta banjir yang dirangkum BMKG Stasiun Meteorologi Pekanbaru, Kamis, yakni Kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hulu bagian Utara, Kampar dan Kabupaten Kuantansingingi.

"Keempat wilayah ini masuk dalam kategori sedang untuk daerah potensi banjir di Maret 2012, atau bahaya banjir," kata analis BMKG setempat, Slamet Riyadi di Pekanbaru.

Ia menerangkan, selain itu, juga ada beberapa wilayah kabupaten lainnya yang juga masuk dalam pemetaan kawasan rawan banjir dengan kategori ringan.

Yakni Kabupaten Indragiri Hilir, Pelalawan sebelah Timur, Indragiri Hulu, dan sebagian besar wilayah Kabupaten Bengkalis.

"Prakiraan potensi banjir ini berdasarkan peta potensi banjir di Provinsi Riau pada bulan Maret 2012, dimana umumnya ringan hingga sedang, namun potensinya cukup mengkhawatirkan," kata Slamet.

Ia mengatakan, hal tersebut disebabkan peluang distribusi curah hujan di Riau yang masih cukup tinggi mengingat sebagain besar kawasan mulai memasuki puncak musim hujan Periode I tahun 2012.

"Untuk warga di sejumlah daerah yang masuk dalam pemetaan kawasan rawan banjir sebaiknya mulai waspada, terlebih untuk masyarakat yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) ketika hujan deras turun," katanya.