Cabang PON Digelar Di Pekanbaru

id cabang pon, digelar di pekanbaru

Pekanbaru - Penyelenggaraan cabang olahraga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Provinsi Riau pada 2012, sebagian besar akan dilaksanakan di Kota Pekanbaru.

"Dari 10 daerah penyelenggara, paling banyak pelaksanaan cabang olahraga memang di Pekanbaru karena kondisinya paling siap," kata Ketua Bidang Humas Panitia Besar PON Riau Chairul Rizky di Pekanbaru, Jumat.

Berdasarkan data Panitia Besar PON Riau sampai Jumat (30/3), dari 39 cabor yang dipersiapkan panitia, sebagian besar dilaksanakan di Pekanbaru termasuk penyelenggaraan upacara pembukaan dan penutupan yang akan dilaksanakan di stadion utama di kompleks Universitas Riau.

Tangkai olahraga yang dilaksanakan di Pekanbaru antara lain aquatic seperti renang, renang indah dan loncat indah yang akan diselenggarakan di Sport Centre Rumbai. Sedangkan, polo air dilaksanakan di kolam renang Kalinjuhang.

Kemudian cabor anggar digelar di Gedung PKM Universitas Lancang Kuning, atletik di Sport Centre Rumbai, serta angkat besi dan binaraga di ballroom Hotel Ratu Mayang Garden.

Penyelenggaraan cabor softball/baseball dilaksanakan di kawasan Universitas Riau dan soft ball sport centre Rumbai, bulu tangkis di gelanggang remaja Pekanbaru, catur di Hotel Pangeran, basket di hall basket sport centre Rumbai, serta billiard dan bowling sama-sama digelar di Bandar Serai/Purna MTQ.

Untuk cabor gulat dilaksanakan di Gedung PKM Universitas Islam Riau, judo dan karate keduanya di GOR Tribuana, menembak digelar di hall menembak Rumbai, dan panahan di kampus Universitas Islam Riau.

Kemudian tiga nomor dari cabor senam dilaksanakan di GOR senam Rumbai. Sedangkan, beberapa pertandingan sepakbola akan digelar di stadion Kaharuddin Nasution, sementara sejumlah pertandingan lainnya digelar di stadion Narasinga di Kabupaten Indragiri Hulu, stadion Limuno Kabupaten Kuantan Singingi, dan stadion Tuanku Tambusai Kabupaten Kampar.

Kemudian, cabang olahraga squash digelar di Universitas Riau, sepak takraw di Hall F Bandar Serai/Purna MTQ, taekwondo di Gedung PKM Universitas Islam Negeri (UIN), dan tenis di lapangan PTPN V.

Untuk cabang olahraga bola voli di kawasan Universitas Islam Riau. Sedangkan voli pantai di kawasan pelabuhan Bandar Sri Maharaja Kabupaten Bengkalis. Kemudian cabor wushu di hall bela diri sport centre Rumbai.

Untuk cabor bridge digelar di Hotel Furaya, panjat tebing di Universitas Riau, dan ski air di Danau Sri Bandar Kayangan.

PON XVIII di Riau akan diselenggarakan mulai tanggal 9 hingga 20 September 2012. Ada 10 daerah di Riau yang menjadi tuan rumah penyelenggara cabang olahraga yakni Kota Pekanbaru, Dumai, Kabupaten Pelalawan, Kampar, Kuantan Singingi, Bengkalis, Siak, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Rokan Hulu.

"Kami yakin persiapan 'venues' akan rampung sesuai target," katanya.