Real Madrid Kalahkan Barca 2-1, Dekati Gelar Juara Liga

id real madrid, kalahkan barca, 2-1 dekati, gelar juara liga

Real Madrid Kalahkan Barca 2-1, Dekati Gelar Juara Liga

Madrid, 22/4 (ANTARA/AFP) - Cristiano Ronaldo mencetak golnya yang ke-42 pada musim ini ketika Real Madrid semakin mendekati gelar juara Liga Utama Spanyol (La Liga) lewat kemenangan 2-1 atas tuan rumah Barcelona yang membuat mereka unggul tujuh poin di puncak klasemen dengan hanya tersisa empat pertandingan lagi.

Sami Khedira membuka skor bagi Real Madrid di babak pertama dalam pertandingan di Camp Nou sebelum pemain pengganti Barca Alexis Sanchez menyamakan kedudukan.

Namun gol yang dilesakkan bintang Portugal Ronaldo di menit ke-73 memberi Madrid kemenangan pertama mereka di liga atas juara bertahan Barcelona dalam empat tahun terakhir ini dan, tampaknya tanpa ada hambatan utama lagi, merasa yakin piala juara liga akan kembali ke stadion Santiago Bernabeu untuk pertama kali sejak 2008.

Ini juga merupakan keberhasilan pertama Real dalam delapan pertandingan "Clasicos" La Liga -- empat di antaranya sebelum Jose Mourinho tiba di klub itu dari Inter Milan.

Bagi pelatih Mourinho, ini adalah kemenangan perdananya pula di Camp Nou berama dan baru menjadi kemenangan keduanya dalam 11 kali pertandingan melawan tim Catalan itu.

Setelah itu, dia melanjutkan kebijakannya untuk tidak berbicara dengan pers mengenai pertandingan liga namun asistennya Aitor Karanka mengeluarkan pernyataan mengenai kegembiraan tim Madrid tersebut.

"Kami sudah berusaha bermain dengan baik sebagai satu grup sepanjang musim ini dan kami sangat senang dengan hasil ini. Tetapi masih ada pertandingan yang harus dimainkan di liga dan kami juga saat ini sedang mempersiapkam diri menghadapi pertandingan melawan Bayern (dalam laga Liga Champions) pada Rabu mendatang," katanya.

Madrid tertinggal 1-2 dari klub Jerman itu dalam laga semi final Liga Champions mereka menjelang pertandingan pertemuan (leg) kedua.

Pelatih Barcelona Pep Guardiola mengakui bahwa Madrid bisa langsung memulai pesta perayaan gelar juara mereka saat ini juga.

"Kami harus memberi ucapan selamat kepada Madrid atas kemenangan mereka itu dan gelar juara yang mereka sebenarnya sudah raih malam ini," ujarnya.

"Kami sempat menciptakan sejumlah peluang gol tetapi memang ini bukan malam kami, terkadang hal-hal seperti itu bisa terjadi saat menghadapi lawan yang baik seperti Madrid."

Mourinho menurunkan tim Madrid yang sama dengan tim yang kalah 2-1 dari Bayern Munich di pertandingan pertama semi final Liga Champions Selasa lalu.

Sementara Barca, Guardiola mengganti Cesc Fabregas dan Sanchez -- yang keduanya menjadi starter saat kalah 0-1 dari Chelsea pada pertandingan pertama semi final Liga Champions, Rabu -- dengan Cristian Tello serta Thiago Alcantara, dengan tetap tidak menurunkan Gerard Pique dari kursi cadangan.