Tour de Singkarak digelar Juni

id tour de, singkarak digelar juni

Tour de Singkarak digelar Juni

Padang (AntaraRiau) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, sedang mempersiapkan penyelenggaraan kejuaraan balap sepeda internasional "Tour de Singkarak 2012", di antaranya dengan memperbaiki jalan dan sosialisasi kepada masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Asnel di Padang, Selasa, mengatakan, dari pertemuan di Jakarta, kota ini akan menjadi penutup "Tour de Singkarak (TDS) 2012", dimana ada beberapa rute yang akan dilewati para pebalap.

"Kami mulai mempersiapkan diri untuk TDS tahun ini, sebab ada beberapa ruas jalan di daerah ini yang akan dipergunakan, termasuk jalan provinsi, dan jalan nasional, sebab itu koordinasi degan semua pihak juga telah dilakukan, seperti memperbaiki jalan yang diserahkan pada instansi terkait, dan sosialisasi pada masyarakat yang kaawasanya dilalui para pembalap nantinya," kata Asnel.

Dia menambahkan, rute yang dilwati mulai dari depan kantor gubernur, jalan Sudirman, seputaran Agus Salim, Lubuk Begalung, jalan Bay Pass, jalan menuju kampus Universitas Andalas, Lubuk Minturun, Lubuk Buaya, Ulak Karang, jalan Ayani, jalan Raden Saleh, dimana sepeutaranya lebih kurang 100 kilometer.

Dalam rencananya kejuaraan balap sepeda internasional pada 4-10 Juni tersebut, untuk daerah itu sebagai etape terakhir, akan menyebabkan sejumlah ruas jalan ditutup mulai pukul 11.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB, sehingga perlu adanya sosialisasi pada masyarakat agar kegiatan mereka tidak terganggu, dan kesuksesan kejuaraan tersebut dapat tercapai.

Selain perlunya sosialisasi, perbaikan jalan menurut Dinas Pariwisata daerah itu, untuk perbaikan jalan yang sekiranya perlu, akan diserahkan pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) baik dari provinsi maupun kota.

"Semua persiapan tersebut diharapkan terlaksana dengan baik, sehingga pariwisata di kota ini juga dapat ditingkatkan dari kejuaraan tersebut, sebab itu dari Dinas Pariwisata setelah kejuaraan itu juga akan dilaksanakan festival Siti Nurbaya, untuk semakin meningkatkan promosi wisata Kota Padang dan juga Sumatera Barat," jelasnya.

Kejuaraan TDS 2012 sendiri menyediakan total hadiah senialai Rp1 miliar, dimana hingga saat ini peserta yang telah mendaftar berasal dari 17 negara dan direncanakan akan diikuti oleh 11 tim pebalap nasional.

Sehubungan dengan itu, Kepala Kantor Komunikasi dan Informatika Kota Padang Ali Basar, menyatakan, tahun lalu hadiah yang diberikan hanya Rp250 juta, dan pada 2012 total hadiah yang diperebutkan menjadi Rp1 miliar, serta dilakukan penambahan dua rute baru, sehingga total daerah yang dilewati menjadi 14 daerah.

Terkait dengan persiapan kondisi jalan yang dilalui peserta ia optimistis satu minggu sebelum pelaksanaan acara itu akan rampung.

"Pemkot Padang telah berkoordinasi dengan kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk pengaturan arus lalu lintas terkait dengan kejuaraan tersebut," jelasnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk meramaikan acara tersebut, apalagi pelaksanaannya bertepatan dengan hari Minggu sehingga mereka bisa menjadikan sebagai sarana hiburan.

Kejuaraan itu agenda resmi tahunan Organisasi Balap Sepeda Dunia (Union Cycliste Internationale) bekerja sama dengan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia, pemerintah daerah, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Balap sepeda itu digelar setiap tahun sejak 2008.

Para pebalap akan menempuh delapan etape berjarak total 800 kilometer melewati 14 kabupaten dan kota. Kejuaraan diperkirakan akan diikuti sekitar 25 tim profesional berasal dari 15 negara yang terdiri atas 18 tim luar negeri dan tujuh dalam negeri dan tim Sumbar. Para pebalap memulai perlombaan di Kota Sawahlunto dan berakhir di Kota Padang.