Karateka Uji Tanding Jelang PON-XVIII

id karateka uji, tanding jelang pon-xviii

Karateka Uji Tanding Jelang PON-XVIII

Pekanbaru, (AntaraRiau) - Karateka Provinsi Riau memulai serangkaian uji tanding untuk mempersiapkan kemampuan dan mental menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Riau 2012.

Ketua Pengprov Forki Riau, Dheni Kurnia, di Pekanbaru, Selasa (8/5), mengatakan karateka Riau yang dipersiapkan menghadapi PON akan mengikuti Piala Maesa di Jakarta tanggal 10-14 Mei. Ia mengatakan para atlet tersebut sebelumnya telah digembleng Pelatda.

"Ada 19 atlet berikut empat offial yang direncanakan ikut ke Piala Maesa," katanya.

Menurut Dheni, kejuaraan tersebut merupakan ajang ujicoba bagi karateka Riau untuk mengetahui kemajuan yang telah diperoleh selama menjalani Pelatda.

Terlebih lagi, lanjutnya, Forki Riau dibebani target meraih tiga medali emas pada PON XVIII di Riau.

"Karateka kita sudah harus memasuki tahap ujicoba dan tanding agar pelatih dan pengurus dapat memantau langsung kemajuan dan perkembangan atlet selama menjani pelatda," ujarnya.

Menurut dia, dari serangkaian uji tanding nanti akan menjadi bahan bagi Forki untuk menyusun tim karateka untuk PON XVIII. Ia mengatakan Forki Riau hanya punyak waktu sekitar satu bulan lagi dalam memutuskan atlet yang akan memperkuat kontingen pada cabang olahraga itu.

"Saat ini sudah tak bisa main-main lagi, karateka yang tidak memenuhi persyaratan, disiplin dan motivasi akan dicoret," tegas Dheni.

Manajer karate PON Riau, Nerwan, mengatakan Forki telah menyiapkan sejumlah rencana untuk mematangkan persiapan atlet dengan kegiatan ujicoba di beberapa daerah dan luar negeri. Namun, yang terpenting menurut Dheni Kurnia adalah motivasi dan kepercayaan diri karateka untuk menjadi yang terbaik dengan menunjukkan kemampuan terbaiknya.

"Kami tidak membebani target pada para karateka, mudah-mudahan anak-anak dapat menunjukkan permainan terbaik mereka di kujuaraan ini. Ini kesempatan bagi mereka untuk menunjukkan apakah mereka layak membela Riau pada PON mendatang," kata Nerwan.