Juve cetak rekor baru liga

id juve cetak, rekor baru liga

Roma (ANTARARIAU) - Juventus mematahkan rekor 42 pertandingan tak terkalahkan milik AC Milan, dan menyelesaikan Liga Italia dengan kemenangan 3-1 atas Atalanta pada Minggu.

Ini juga merupakan akhir sempurna setelah berkarir selama 19 tahun di `Si Nyonya Tua` bagi kapten klub, Alessandro Del Piero, yang mengenakan ban kapten untuk terakhir kalinya di pertandingan Liga Italia dengan seragam Juventus dan mencetak gol kedua bagi timnya.

Pemain muda, Luca Marrone, mencetak gol pembuka dan Andrea Barzagli mencetak penalti di menit terakhir, untuk membuat Juventus menyelesaikan musim dengan 84 poin, unggul empat poin atas juara tahun lalu, Milan.

Noda bagi kemenangan Juventus hanya gol bunuh diri Stephan Lichsteiner dan cedera yang menimpa Giorgio Chiellini, yang dapat membahayakan peluangnya di Euro 2012.

Kemenangan ini berarti Juve menorehkan rekor baru di Italia terkait perjalanan tidak terkalahkan di semua kompetisi menjadi 43 pertandingan, termasuk pertandingan terakhir di musim lalu.

Mereka juga menjadi tim pertama di Liga Italia yang mampu mencatatkan semusim tanpa kekalahan sejak Milan melakukannya pada 1992, dan tim pertama yang melakukannya sejak liga Italia diikuti 20 klub - sebelumnya 18 klub.

Jika mereka mampu menghindari kekalahan pada final Piala Italia pekan depan, Juventus akan menjadi tim pertama yang mengakhiri musim tanpa terkalahkan di Liga Italia dan Piala Italia, meski mereka terbantu karena tidak bermain di Eropa.

Pertandingan mereka melawan Atalanta terlihat mirip pertandingan persahabatan.

Pada menit ke-10, umpan sepakan tumit Marco Boriello diselesaikan Morrone untuk membuka keunggulan tuan rumah.

Juve mendapat peluang melalui Simone Padoin, namun ia lebih memilih mengoperkan bola pada sang kapten yang gagal dikonversi menjadi gol oleh Del Piero.

Namun gol Del Piero lahir pada menit ke-28, ketika tembakan melengkungnya dari luar kotak penalti menembus gawang Atalanta.

Tensi pertandingan semakin menurun saat pelatih Antonio Conte memutuskan untuk menarik keluar Del Piero, sehingga ia dapat menerima sambutan hangat dari para pendukung.

Penghormatan kepada Del Piero membuat pertandingan sempat terhenti sesaat, ketika seluruh rekan setimnya bergabung dengan Del Piero di lingkaran tengah lapangan untuk menghormati sang pemain pada ajang yang terlihat seperti pertandingan testimonial.

Di saat pertandingan masih berlangsung, Del Piero melakukan putaran keliling untuk menghormati para pendukung.

Milan menyelesaikan musim mereka dengan skenario pesta yang sempurna, ketika Filippo Inzaghi (38) mencetak gol kemenangan pada pertandingan ke-300nya serta penampilan terakhirnya bagi klub tersebut sebelum pensiun, saat Milan menang 2-1 atas Novara yang terdegradasi.

Dengan pemain-pemain populer seperti Inzaghi, Gennaro Gattuso, dan Alessandro Nesta yang melakukan penampilan terakhirnya dengan seragam Milan, pertandingan ini sempat berjalan begitu lambat.

Gattuso menjadi kapten Milan, namun penampilannya tertutup oleh sambutan besar para pendukung ketika Inzaghi masuk ke lapangan sebagai pemain pengganti.

Novara mengancam untuk menggagalkan pesta ketika Santiago Garcia berada sendirian di kotak penalti untuk mencetak gol ke gawang tuan rumah pada menit ke-20.

Milan membalas melalui Mathiaeu Flamini dari dalam kotak penalti setelah Antonio Cassano mengirim umpan cerdik pada menit ke-56.

Sisa pertandingan lebih banyak diisi Milan yang berusaha membuka peluang bagi Inzaghi untuk mencetak gol, yang baru terwujud pada menit kedelapan sebelum pertandingan usai.

Ini merupakan gol ke-156 Inzaghi di Serie A, dan untuk memperindah pesta Milan, gol tersebut tercipta berkat umpan sesama pemain veteran, Clarence Seedorf., demikian AFP.