Karateka Riau Sabet Emas Maesa

id karateka riau, sabet emas maesa

Karateka Riau Sabet Emas Maesa

Pekanbaru, (AntaraRiau) - Tim karate Provinsi Riau meraih tiga medali emas pada kejuaraan Maesa 2012 di Jakarta.

"Karateka Riau telah membuka awal yang bagus pada kejuaraan Maesa," kata Ketua Umum Federasi Olahraga Karatedo Indonesia (FORKI) Riau, Dheni Kurnia, di Pekanbaru, Senin.

Kejuaraan Maesa berlangsung di GOR Jakarta Utara pada tanggal 11-13 Mei lalu. Pada kejuaraan itu tim pelatda karate Riau menyabet tiga emas dan lima medali perunggu.

Medali emas disumbangkan oleh Anggel pada nomor Kumite Putra usia dini di bawah 30 kilogram (kg), M. Arif Salsabil dari nomor Junior Kata Perorangan Putra, dan Asmaul Husan pada nomor Senior Kumite Putri di atas 68 kg.

Sedangkan, medali perunggu disumbangkan oleh Yogi Prasetyo pada nomor Junior Kumite di bawah 61 kg, dan Irma Atdianti nomor Junior Kumite Puti di atas 59 kg. Kemudian Dhea, Rika, Aulia pada nomor Senior Kata Bergu Putri, lalu Rika, Isna, Ratna di nomor Senior Kata Beregu Putri, serta Roy Gabe S. pada nomor Senior Kumite di bawah 75 kg.

Menurut Dheni Kurnia, kejuaraan Maesa merupakan salah satu even yang menjadi ajang ujicoba sejumlah karateka menjelang PON XVIII di Riau pada September 2012. Kejuaraan itu, diakuinya juga menjadi kesempatan bagi karateka Riau untuk mengintip kekuatan calon lawan-lawan mereka.

"Kejuaraan Maesa menjadi kesempatan bagi kita untuk mengukur kekuatan calon lawan kita pada PON mendatang, banyak kontingen yang belum menurunkan kekuatan penuh, namun kita patut mewaspadai pergeseran kekuatan di cabor karate pada PON mendatang," ujarnya.

Ia berharap karateka Riau terus menempa latihan dan jangan lengah untuk menghadapi PON Riau. Sebab, meski mendapatkan kemenangan di Maesa, namun target utama adalah pada sukses prestasi pada penyelenggaraan PON nanti.

"Kami pengurus FORKI Riau belum puas karena target utama belum tercapai, yakni tiga emas terutama di level senior pada PON XVIII/2012 mendatang," katanya.

Selain itu, ia mengatakan dua karateka yang diproyeksikan meraih emas pada PON XVIII, yakni Guntur dan Kurniadi, ternyata belum tampil maksimal pada kejuaraan Maesa.