Penjaringan Atlit Andalkan Guru Olahraga

id penjaringan atlit, andalkan guru olahraga

Penjaringan Atlit Andalkan Guru Olahraga

Dumai, (AntaraRiau) - Komite Olahraga Nasional Indonesia Kota Dumai, Provinsi Riau, akan membina para guru olahraga di seluruh sekolah untuk menjaring atlet unggulan dari sekolah.

Sekretaris KONI Kota Dumai Annora Arsan kepada ANTARA, Kamis, mengatakan, para guru bidang studi olahraga setiap kecamatan akan dibina oleh UPT KONI di 7 wilayah kecamatan se-kota Dumai.

Pembinaan guru olahraga ini, lanjut Annora, selain bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan olahraga, juga untuk menjaring calon atlet potensial dari bangku sekolah.

"Para guru olahraga ini akan dilibatkan juga sebagai panitia pelaksana event olahraga kota yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Langkah awalnya segera dilantik pengurus KONI di seluruh kecamatan," sebutnya.

Ia menyatakan, guru bidang studi olahraga yang jumlahnya ratusan ini secara otomatis akan terlibat dalam kepengurusan KONI kecamatan sebab mereka lebih tahu calon bibit unggul yang kebanyakan masih duduk di bangku sekolah.

Dengan perpanjangan tangan di tiap kecamatan, tidak menyulitkan KONI dalam melakukan penjaringan, pengembangan dan pencarian bibit atlet berbakat.

"Selama ini pengembangan olahraga Dumai hanya terfokus di perkotaan, namun belum menyentuh sekolah. Dengan rencana ini, kami berharap dapat memudahkan pencarian bibit olahraga unggulan dan memudahkan kerja pengurus KONI kota," ungkapnya.

Setelah dibentuk pengurus KONI kecamatan, juga akan diberikan anggaran untuk pembinaan dan menjalankan roda organisasi.

Untuk tahun ini, KONI Dumai memperoleh alokasi anggaran dari APBD sebesar Rp1,2 miliar untuk pembinaan atlet dan olahraga serta operasional pengurus KONI.