Atlit Riau Belum Tes Psikologis

id atlit riau, belum tes psikologis

Atlit Riau Belum Tes Psikologis

Pekanbaru, (antarariau) - Para atlet Pelatda Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau, belum menjalani tes psikologi karena masing-masing pimpinan cabang olahraga belum menyatakan kesiapan termasuk sebagian masih menyeleksi tim.

"Tes psikologi terhadap atlet Pelatda belum dilakukan karena masih menunggu konfirmasi dari masing-masing cabang olahraga," kata Tim Satgas Pelatda ke-18 Riau, M. Yunus di Pekanbaru Senin.

Menurut dia, sesuai jadwal yang telah disusun bahwa tes psokologi itu dilakukan pekan ini, tapi diundur hingga ada kepastian dari pimpinan cabang olahraga.

Atlet Pelatda Riau yang ikut bertanding pada PON yang digelar 9-20 September 2012 itu sebanyak 740 atlet, mereka mengikuti sebanyak 39 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Salah satu tujuan tes psikologi itu yakni untuk mengukur tingkat emosi dan kepribadian para atlet dalam pertandingan.

Selain itu, para atlet yang mengalami masalah, tentu akan dapat diketahui karena selama ini tidak memberitahukan kepada pengurus atau pelatih tiap-tiap cabang olahraga.

Walau begitu, tim Satgas memberikan gambaran bahwa tes psikologi itu dilakukan sebelum tanggal 21 Juni karena dimulainya pemusatan latihan.

Meski demikian, tes psikologi itu tetap dilakukan di Sekolah Polisi Negara (SPN) di kawasan Gobah, Kota Pekanbaru.

Lampu

Sementara itu Kabag Humas Pemkab Siak, Juarman, menjelaskan, lampu penerangan jalan umum untuk arena pertandingan Kempo di Kabupaten Siak, mengunakan panas surya (matahari) sehingga dapat menghemat bahan bakar minyak.

"Sekitar arena pertandingan kempo dipasang lampu penerangan jalan umum dari sumber panas surya," kata Juarman.

Menurut dia, pada jalan utama menuju arena pertandingan kempo dipasang lampu penerangan, bila pertandingan dilakukan malam hari, maka para atlet, ofisial maupun penonton tidak mengalami kendala karena terang.

Dia menambahkan bahwa PB PON telah menetapkan Kabupaten Siak sebagai tempat pertandingan untuk cabang sepatu roda, balap sepeda maupun kempo.

Suhu udara di Kabupaten Siak relatif panas, maka pemerintah daerah setempat memanfaatkan sinar matahari untuk penerangan jalan supaya dapat menghemat bahan bakar minyak.