Wabup: Pengentasan Kemiskinan Butuh Sinergitas

id wabup pengentasan, kemiskinan butuh sinergitas

Wabup: Pengentasan Kemiskinan Butuh Sinergitas

Kampar, 30/5 (antarariau) - Wakil Bupati Kampar H Ibrahim Ali mengatakan pemerintah pusat maupun daerah sangat serius dalam menjalankan program pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat namun harus didukung sinergitas baik pemerintah, prbankan, dan masyarakaat.

“Pemerintah pusat dan daerah khususnya Kabupaten Kampar sangat serius dalam pengentasan kemiskinan hal ini dalam rangka peningkatan ekonomi kerakyatan namun butuh dukungan dari semua pihak baik aparatur pemerintah maupun kesiapan masyarakatnya sendiri untuk mengubah ekonominya dan juga pihak perbankan harus mampu memberikan pelayanan dalam mendukung permasalahan pengentasan kemiskinan dan peningkatan ekonomi masyarakat,” ujar Ibrahim Ali.

Hal tersebut disampaikan saat Kunjungan Deputi Setwapres Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Penanggulangan Kemiskinan di ruang rapat lantai III kantor Bupati Kampar, Rabu.

Di ungkapkan Wakil Bupati Kampar program pengentasan kemiskinan ini sangat lah berat karena banyak faktor yang harus dihadapi, selain keinginan dan kemauan masyarakat untuk betul –betul mengubah dan meningkatkan perekonomiannya juga diharapkan aparatur terkait untuk mempermudah segala urusan dengan cepat dan tepat demi mempercepat program pengentasan

kemiskinan ini karena tujuan dari pemerintah melalui program-program yang dilaksanakan benar-benar untuk meningkatkan ekonomi kemasyarakat.

Selain itu pihak perbankan harus juga aspiratif dan mendukung program pengentasan kemiskinan tersebut melalui peningkatan usaha mikro kecil dan menengah. “Saya sangat mengharapkan agar pihak perbankan untuk dapat mengambil kebijakan-kebijakan khusus yang dapat membantu kelancaran masyarakat khusus dalam memberikan pelayan dalam upaya mendorong usaha mikro kecil dan menengah,” kata Wakil Bupati Kampar.

Dalam pelaksanaan program ini Wakil Bupati Kampar menegaskan kepada seluruh Dinas, Badan, Dinas dan Kantor terkait agar jangan banyak bicara tetapi berikan tindakan dan yang nyata sesuai aturan yang berlaku bagi masyarakat agar dapat tercapai apa yang dinginkan baik pemerintah pusat dan daerah.

“Sinergisitas antara pemerintah pusat dan daerah dalam mengambil kebijakan harus selaras sesuai dengan aturan agar tidak erjadi kesalahan dalam pelaksanaan dilapangan ataupun tumpang tindih dalam kegiatan,” ujar Wakil Bupati Kampar.

Kunjungan tersebut diketuai oleh Abdul Latif selaku ketua rombongan dan dihadiri oleh Asisten Pemerintahan H Zamhur serta seluruh Badan, Dinas dan Kantor dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar. Sementara Abdul Latif mengatakan kunjungan ini dalam rangka memantau dan mengevaluasi serta mencari solusi tentang apa yang menjadi kendala ataupun halangan dalam pelaksanaan tugas dilapangan.

Dari hasil rapat koordinasi ini akan dilaporkan kepada pihak kementerian dan menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan-kebijakan untuk menyukseskan pengentasan kemiskinan di Kabupaten Kampar.