Tinju: Riau Incar Juara Umum Di Banten

id tinju riau, incar juara, umum di banten

Tinju: Riau Incar Juara Umum Di Banten

Pekanbaru, (antarariau) - Para petinju tim PON Riau mengincar gelar juara umum pada kejuaraan terbuka memperebutkan piala Ketua Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Banten pada 11--15 Juni 2012 di Tangerang.

Ketua Umum Pertina Riau Robin P. Hutagalung di Pekanbaru, Kamis, membenarkan pihaknya mengincar juara umum pada kejuaraan di Tangerang, Banten itu.

"Sudah merupakan tekad kami untuk merebut gelar juara umum di Tangerang," katanya usai melihat atletnya latihan di sasana di Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru.

Namun, para petinju yang diturunkan itu masing-masing Togap kelas 49 kg, Dominggus kelas 52 kg, Wawan (60 kg), Tison (64 kg), Egi (69 kg), Yunus Pane (91 kg), Eko Hardianto (81 kg), Jon Erikson (75 kg) serta Topas (56 kg).

Bahkan, pihaknya juga menurunkan petinju putri, yaitu Sutini kelas 48 kg, Marican (51 kg), Warni Halawa (54 kg), Rasmi (57 kg), Leni (60 kg), dan Elfi (64 kg).

Kejuaraan tinju di Banten itu digelar di sebuah pusat perbelanjaan di kawasan Serpong, Kota Tangerang Selatan.

Selama berada di Banten, para petinju didampingi Sekum Pertina Riau Frans Sirait dan beberapa pelatih agar tekad menjadi juara tersebut dapat terwujud.

Walau begitu, petinju yang diandalkan untuk mendulang medali, yakni Warni Halawa, Togap, dan Pane, serta selebihnya diharapkan lolos ke final.

Namun, pada kejuaraan itu juga diikuti oleh tim dari DKI Jakarta, Jambi, Sumbar, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau, dan tuan rumah Banten.

Ia berharap petinju Riau dapat memetik manfaat dari kejuaraan itu dan menambah jam terbang bertanding sebelum PON pada tanggal 9--20 September 2012.

"Hal itu merupakan kesempatan terbaik bagi petinju karena nantinya mereka akan berhadapan dengan lawan pada PON," ujarnya.

Tim yang ikut bertanding juga merupakan peserta PON dan mereka tentunya dapat menguji sejauh mana kemampuan dan kinerja yang selama ini telah diinstruksikan pelatih kepada atlet, katanya.

Pengurus KONI Riau menetapkan cabang tinju untuk menyumbangkan medali sebanyak mungkin pada PON XVIII bersama cabang lain, di antaranya renang, atletik, senam, sepatu roda, dan balap sepeda.