Tinju: Kejuaraan Banten Kesempatan Terbaik Bagi Riau

id tinju kejuaraan, banten kesempatan, terbaik bagi riau

Tinju: Kejuaraan Banten Kesempatan Terbaik Bagi Riau

Pekanbaru, (antarariau) - Pengurus Provinsi Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Riau mengharapkan pada kejuaraan terbuka di Tangerang, Banten, merupakan kesempatan terbaik bagi petinju Riau sebelum PON XVIII.

"Ini merupakan kesempatan untuk mengukur kemampuan bertanding jelang PON, makanya petinju tidak boleh sia-siakan Kejuaraan Tinju Banten itu," kata Ketua Umum Pertina Riau Robin P Hutagalung dihubungi Jumat.

Menurut dia, kesempatan biasanya datang satu kali kalau tidak dimanfaatkan sebaik mungkin, maka akan terbuang percuma.

Petinju Riau yang merupakan tim PON akan mengikuti kejuaraan terbuka di Tangerang pada 11-15 Juni 2012 memperebutkan piala Ketua Umum Pertina Banten.

Sedangkan tim Riau membawa sejumlah petinju diantaranya Togap kelas 49 kg, Dominggus kelas 52 kg, Wawan (60 kg), Tison (64 kg), Egi (69 kg), Yunus Pane (91 kg), Eko Hardianto (81 kg), Jon Erikson (75 kg) serta Topas (56 kg).

Selain itu, juga menurunkan petinju putri diantaranya Sutini kelas 48 kg, Marican (51 kg), Warni Halawa (54 kg), Rasmi (57 kg), Leni (60 kg), Elfi (64 kg).

Dia mengatakan, dalam sepekan petinju Riau selama lima hari latihan di sebuah sasana di jalan Yos Sudarso, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru.

Namun dalam program latihan itu salah satunya untuk mengikuti kejuaraan di Banten sebelum pertandingan PON XVIII di Riau, pada 9-20 September 2012.

Selain tuan rumah Banten, katanya, petinju dari daerah lain juga ikut berlaga seperti DKI Jakarta, Jambi, Sumbar, Jawa Tengah, serta Jawa Timur.

Sebelumnya, petinju Riau mengincar gelar juara umum pada kejuaraan terbuka di Tangerang, Banten, dengan perkiraan telah mengetahui kekuatan lawan dari pertandingan terdahulu.

Robin mengatakan bahwa pihaknya sudah mempunyai tekad untuk merebut gelar juara umum di Tangerang.

Walau begitu, pengurus KONI Riau menetapkan cabang tinju untuk menyumbangkan medali sebanyak mungkin pada PON XVIII bersama cabang lain diantaranya renang, atletik, senam, sepatu roda maupun balap sepeda.

Rencananya para petinju akan berangkat menuju Tangerang Minggu (10/6) dipimpin Sekum Pertina Riau, Frans Sirait.