EURO: Russia Lumat Ceko 4:1

id euro russia, lumat ceko 41

EURO: Russia Lumat Ceko 4:1

Wroclaw, (antarariau) - Rusia menguasai puncak klasemen Grup A pada hari pembuka Kejuaraan Eropa, dengan kemenangan 4-1 atas Republik Ceko pada Jumat waktu setempat atau Sabtu dini hari WIB.

Alan Dzagoev mencetak dua gol, sedangkan Roman Shikorov dan Roman Pavlyuchenko masing-masing menyumbang satu gol, untuk membawa Rusia unggul dua poin di puncak klasemen, menyusul hasil imbang 1-1 antara tuan rumah, Polandia, dan Yunani.

Itu merupakan pernyataan mengenai keinginan tim yang kerap dinilai sebagai hanya penggembira turnamen.

Bagi Ceko, tendangan Vaclav Pilar merupakan sedikit hiburan untuk mengobati penampilan yang buruk.

Rusia terlihat kurang padu pada awal pertandingan, dan justru Ceko yang memimpin 'jual-beli serangan' awal, ketika pasukan Dick Advocaat kesulitan menemukan irama permainan.

Namun sekali mereka melakukannya, mereka membuka kemenangan atas pasukan Michal Bilek dengan cara tanpa rasa iba.

Umpan tendangan tumit dari Arshavin mengarah pada Yuri Zhirkov, dan ia mengirim umpan tendangan sudut untuk menemui Aleksandr Kerzhakov, namun ia tidak dapat mengarahkan penyelesaian kaki kirinya ke target yang tepat. Selama 60 detik kemudian Rusia memimpin.

Dragoev memaksimalhkan bola yang didapat saat dua pemain Ceko saling bertubrukan di tengah lapangan, untuk merangsek ke depan dan mengirim bola ke Konstantin Zyryanov di sisi kanan.

Ia mengumpankan bola pada Kerzhakov, yang menanduk bola tersebut, namun sundulannya membentur tiang gawang, dan Dzagoev berada di posisi yang tepat untuk menyambar bola muntah.

Dzagoev kemudian membuang peluang bagus saat ia mendapat umpan dari sisi kanan yang dikirim oleh Kerkhakov. Tetapi tembakannya masih menyamping.

Tetapi pada menit ke-23, Arshavin mengirimkan umpan terobosan ke dalam kotak penalti Ceko, dan meski bola gagal dimaksimalkan Kerzhakov, Shirokov menyelinap di belakang para bek untuk menyepak bola melewati Petr Cech.

Ceko mendapat beberapa peluang bagus, namun sundulan Jan Rezek masih membentur tangan Vyacheslav Malafeev, sebelum kemudian ia melepaskan tembakan lemah tertuju lurus ke arah sang kiper.

Pergerakan Rusia lain melalui gebrakan Shirokov, berakhir dengan tembakan Kerzhakov yang masih terlalu keras.

Babak kedua dimulai dengan atmosfer yang berbeda, namun pada menit ketujuh, pertandingan kembali menarik saat Jaroslav Plasil mengirim umpan mengiris pertahanan Rusia, dan Pilar mengambil bola, mengecoh Malafeev dan menceploskan bola ke gawangnya.

Arshavin, yang sedang menikmati salah satu permainan produktifnya, kembali mendapat peluang melalui Kerzhakov, namun tembakan penyerang Zenit St Petersburg ini melebar dari tiang jauh.

Dua upaya berikutnya juga sangat menyedihkan, sehingga saat ia ditarik keluar oleh Advocaat untuk digantikan Pavlyuchenko, Arshavin pun mendapat cemoohan.

Bek tengah Ceko, Theodor Gebre Selassie, melepaskan sepakan voli spektakuler ke sisi luar gawang, dan Malafeev mampu menggagalkan upaya berikutnya yang dimiliki Tomas Rosicky, pada percobaan kedua.

Namun 11 menit menjelang pertandingan usai, Dzagoev secara efektif mengunci kemenangan melalui penyelesaian akhir untuk menyambut operan Pavlyuchenko.

Dan Pavlyuchenko menuliskan namanya di papan skor, ketika upayanya dari tepi kotak penalti membuahkan gol penutup bagi Rusia.