EURO: Gomes Bawa Jerman Ungguli Portugal

id euro gomes, bawa jerman, ungguli portugal

EURO: Gomes Bawa Jerman Ungguli Portugal

Lviv, Ukraina, (antarariau) - Sundulan penyerang Mario Gomez di babak kedua cukup untuk memberi Jerman kemenangan 1-0 atas Portugal, pada pertandingan pembuka Piala Eropa 2012 mereka, Sabtu waktu setempat atau Minggu dini hari WIB.

Setelah kemenangan di perempat final Piala Eropa 2008 dan peringkat ketiga Piala Dunia 2010, ini merupakan kemenangan ketiga Jerman atas Portugal di turnamen-turnamen besar, untuk memberi Jerman kemenangan di partai pertamanya di Grup B.

Untuk semua hal yang telah dituliskan mengenai potensi ancaman dari kapten Portugal, Cristiano Ronaldo, bintang Real Madrid ini justru mengalami malam yang buruk saat ia bermain di bawah standar, dan ia jarang mampu lolos dari pengawalan Jerome Boateng.

Setelah Denmark menang mengejutkan 1-0 atas Belanda pada pertandingan sebelumnya, kemenangan ini memberi keunggulan awal pada Jerman yang dipimpin Joachim Loew di grup mereka, yang kerap dijuluki 'Grup maut.'

Loew menyodorkan kejutan sebelum pertandingan dimulai dengan tidak memainkan bek tengah sarat pengalaman, Per Mertesacker, untuk pertandingan di Lviv Arena, stadion terkecil dari delapan stadion yang dipakai untuk Piala Eropa 2012, di depan 32.900 penonton yang memadati stadion ini.

Pemain Bayern Muenchen, Holger Badstuber, bermitra dengan bek Borussia Dortmund, Mats Hummels, di jantung pertahanan, dengan kapten Philipp Lahm mengisi posisi bek kiri, rekan seklub Lahm, Jerome Boateng, berada di sisi kanan.

Penyerang veteran, Miroslav Klose, yang merayakan ulang tahun ke-34 dia pada Sabtu, mengisi bangku pemain cadangan, sedangkan pencetak gol semata wayang, Gomez bermain sejak awal sebagai penyerang tunggal.

Pelatih Portugal, Paulo Bento, memainkan formasi 4-3-3, dengan Ronaldo memimpin serangan. Jerman tampil lebih baik di awal pertandingan, saat tandukan Gomez memaksa kiper Portugal, Rui Patricio, melakukan penyelamatan, dan pemain yang belakangan kerap dihubung-hubungkan dengan Arsenal, Lukas Podolski, melepaskan tembakan yang mampu diatasi bintang Benfica tersebut.

Penyerang Malaga, Helder Postiga, mendapatkan kartu kuning pertama di laga ini, setelah melanggar kiper Jerman, Manuel Neuer, dan serangan pertama Portugal terjadi setelah 15 menit berlalu, ketika Ronaldo menemukan ruang di sisi kiri.

Dengan pemain Portugal ini menaikkan tekanan, Badstuber mendapat kartu kuning akibat melanggar pemain Manchester United, Nani, saat babak pertama hendak usai.

Bintang Madrid, Pepe, mendapat peluang untuk membawa Portugal unggul semenit sebelum turun minum, ketika sepakannya tidak mampu dihentikan Neuer, namun bola membentur mistar gawang dan mengarah ke garis gawang. Wasit tidak mengesahkan sepakan tersebut sebagai gol.

Babak kedua berlangsung lebih mencemaskan, dan dengan 25 menit tersisa operan bagus dari gelandang Porto, Joao Moutinho, mengarah ke Ronaldo, namun Boateng merespon dengan cepat untuk menjinakkan ancaman.

Boateng kemudian mendapat kartu kuning karena melanggar bintang Madrid tersebut beberapa saat kemudian.

Saat Klose menunggu di tepi lapangan untuk menggantikannya, Gomez akhirnya mampu memecah kebuntuan ketika ia menyambar umpan silang Sami khedira. Sundulannya gagal dihentikan Patricio pada menit ke-73.

Di menit-menit akhir, kokohnya pertahanan Jerman mampu mencegah Portugal menyamakan kedudukan, mereka berhasil menggagalkan peluang penyerang pengganti, Silvestre Valera, yang memiliki peluang emas.

Pada pertarungan Grup B selanjutnya yang akan dimainkan para Rabu (13/6), Jerman berhadapan dengan Belanda di Kharkiv, sementara itu, Portugal melawan Denmark di Lviv.