F1: Vettel Start Terdepan Di Kanada

id f1 vettel, start terdepan, di kanada

F1: Vettel Start Terdepan Di Kanada

Montreal, Kanada, (antarariau) - Pebalap Jerman, Sebastian Vettel, mengamankan posisi start terdepan keduanya di musim ini dan ke-32 sepanjang karirnya pada Sabtu waktu setempat, ketika ia mencatatkan waktu tercepat pada sesi kualifikasi untuk Grand Prix Kanada yang akan berlangsung Minggu.

Pebalap Red Bull berusia 24 tahun tersebut, yang juga menghuni posisi start terdepan di Kanada pada tahun lalu, mengamankan posisi tersebut melalui gaya yang dramatis dengan mencatatkan lap tercepat di Sirkuit Gilles Villeneuve, yakni satu menit 13,784 detik.

Pebalap Inggris, Lewis Hamilton yang membela McLaren berada di posisi start kedua, diikuti oleh pebalap Ferrari asal Spanyol, Fernando Alonso. Mark Webber asal Italia merupakan pebalap tercepat keempat di mobil Red Bull kedua, diikuti oleh pebalap Jerman, Nico Rosberg, yang membela tim Mercedes.

"Saya pikir kami banyak belajar dari beberapa balap di sini, di mana kami cepat namun kami tidak mampu mengeluarkannya di mobil ini pada sesi kualifikasi," kata Vettel, yang berharap untuk dapat menjadi pebalap pertama yang memenangi dua balap pada musim ini.

"Saya benar-benar gembira atas kualifikasi ini, saya mampu untuk mendapatkan sedikit lebih banyak kecepatan setiap saat. Itu terlihat ketat pada awalnya, namun pada akhirnya kami dapat membuat lebih banyak perbedaan."

"Saya menatap ke depan untuk balap itu. Saya pikir kami memiliki mobil yang bagus."

Catatan waktu Vettel sepertiga lebih cepat daripada catatan Hamilton.

"Hari ini benar-benar sulit bagi kami - kami berjuang keras," akhu Hamilton.

"Kami sangat bahagia dengan penampilan kami, dan sangat terkejut untuk melihat kami kembali berada di baris depan, namun bahagia dapat berada di sini."

Alonso senang dengan performa mobilnya, setelah tim Italia itu kesulitan untuk mengembangkan kecepatan di awal musim.

Ia berkata, "Kami merasa lebih bahagia dengan keseimbangan di mobil ini. Ini adalah langkah pertama."

"Tentu saja dunia dan tim-tim lain tidak akan pernah berhenti, namun saat ini kami sangat senang, dan saya berterima kasih kepada orang-orang di pabrik."

Webber mengatakan bahwa ia terkejut dapat meraih posisi bagus di baris start, setelah mengeluhkan tidak mampu tampil dengan baik.

"Saya terkejut saya berada di (posisi start) keempat - ini bukanlah sesi terhalus, maka saya sungguh terkejut untuk berada di sini," kata pebalap Australia itu.

"Saya tidak sangat bahagia pada beberapa putaran terakhir perihal rasa percaya diri terhadap mobil, dan itu berarti anda tidak mengeluarkan potensi terbaik, maka posisi keempat cukup baik."

"Ini adalah balap yang panjang, dan kami berada di sini. Seb (Sebastian Vettel) melakukan lap yang sangat bagus. Mobilnya bagus di sini, dan cuaca besok sebaiknya bagus juga untuk balap."

Pebalap Brazil, Felipe Massa, mengikuti sebagai Ferrari kedua di depan Romain Grosjean dari Lotus, Paul Di Resta dari Force India, dan Michael Schumacher yang mengendarai Mercedes kedua.

Masalah-masalah Jenson Button saat kualifikasi berlanjut saat ia kesulitan untuk mempertahankan kecepatan untuk mengimbangi rival-rivalnya, dan memilih untuk tidak menetapkan waktunya pada ban super lunak.

Pada gilirannya, ia akan mendapatkan ban tambahan saat membalap, namun akan memulai balap dari posisi kesepuluh, di mana ia mengendarai McLaren kedua.

Pada hari yang cerah di Montreal, yang dihiasi sinar matahari yang hangat dan langit biru, para pebalap mampu mengeluarkan potensi terbaik mereka di depan penonton dari Kanada.

Para penonton akan tetap menyaksikan balap tersebut meski terdapat ancaman bahwa mahasiswa yang berdemo mengancam akan menutup akses ke kereta bawah tanah yang menuju ke sirkuit tersebut, sebagai bagian dari perjuangan mereka menentang kenaikan uang sekolah.