DPRD Minta Alur Sungai Siak Dibersihkan

id dprd minta, alur sungai, siak dibersihkan

DPRD Minta Alur Sungai Siak Dibersihkan

Siak, (antarariau) - DPRD Siak Provinsi Riau meminta pihak terkait untuk membersihkan alur Sungai Siak karena sangat berbahaya bagi pelayaran akibat banyaknya sampah.

"Selama ini, sudah seringkali kita mendengar keluhan warga terkait sampah-sampah di Sungai Siak dan kemarin kita telah lihat langsung kondisi sebenarnya. Untuk itu kita minta Pemkab Siak melalui dinas terkait melakukan upaya nyata untuk mengatasi hal tersebut." ujar Ketua DPRD Siak Zulfi Mursal, Minggu.

Perusahaan pengguna alur pelayaran juga harus bertanggung jawab pada kondisi tersebut mengingat sampah-sampah yang mengapung di Sungai Siak didominasi oleh limbah-limbah kayu. Bahkan tidak sedikit kayu gelondongan yang diperkirakan jatuh dari kapal ponton saat melintas sehingga sangat membahayakan pelayaran.

"Kepada perusahaan pemakai alur pelayaran Sungai Siak, kita imbau agar mengutamakan keselamatan pelayaran. Jangan hanya mementingkan kapasitas angkutnya saja dan hendaknya segera melakukan pembersihan terhadap apa yang telah terjadi saat ini," tegasnya.

Demi efektifnya proses pembersihan, Pemkab Siak harus mengkoordinasi perusahaan-perusahaan pengguna alur pelayaran di wilayah perairan Siak dan berkoordinasi dengan instansi berwenang.

"Kita akan pantau terus hal ini dan bila dalam sepekan ini belum nampak adanya upaya pembersihan, maka DPRD akan mengagendakan untuk menggelar hearing dengan pihak terkait," katanya.